http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 02 Agustus 2015

Sistem Susunan Tata Surya

Sistem susunan tata surya – Sebelum dibahas lebih lanjut tentang sistem tata surya dan juga susunan tata surya, saya akan bahas tentang pengertian tata surya lebih dahulu. pengertian dari tata surya adalah susunan dari benda benda yang ada di langit yang berputar untuk mengelilingi matahari, sebab di sini matahari merupakan pusatnya. Jadi dapat dikatakan bahwa semua benda benda yang ada di langit dan ikut serta untuk mengitari matahari itu di sebut sebagai tata surya.

Benda benda langit yang di sebut sebagai tata surya itu meliputi, planet, bulan, komet, asteroid, serta meteroid. Semua benda benda langit tersebut bergerak untuk mengitari sebuah matahari secara tetap. Setelah anda mengetahui tentang pengertian tata surya, yang perlu anda ketahui lagi adalah tentang sistem tata surya dan juga susunan tata surya. Bagaimana sistem susunan tata surya tersebut? Yuk sama sama kita cari tahu jawabannya pada artikel yang satu ini.

Sistem tata surya

Sistem tata surya. Tata surya terletak pada galaksi bimasakti, sejak diadakannya sidang secara umum dalam himpunan asosiasi internasional yang diadakan di praha tepatnya pada bulan agustus tahun 2006 yang lalu, telah ditetapkan jika jumlah planet dalam tata surya itu ada delapan buah. Walaupun dalam hal ini telah ditemukan satu planet lagi pada tahun 1930 yang bernama pluto, namun Pluto tidak dapat terdaftar sebagai salah satu planet yang ada di dalam tata surya, hal ini dikarenakan Pluto tidak cukup memenuhi persyaratan sebagai suatu planet. Baca: Karakteristik anggota tata surya

Dari penjelasan tersebut di atas, maka dengan diadakannya sebuah sidang yang dilakukan secara umum tersebut telah ditetapkan jika jumlah planet dalam tata surya hanya delapan buah saja. Pada penjelasan yang ada di bawah ini akan saya jelaskan tentang susunan tata surya. Jika anda belum mengetahui lebih banyak tentang susunan tata surya, anda harus membaca postingan yang satu ini, untuk menambah ilmu pengetahuan anda tentang tata surya khsususnya materi tentang susunan tata surya.

Susunan tata surya

Susunan tata surya itu terdiri atas satu buah matahari, delapan buah planet dan juga satelit alami serta benda benda langit lainnya seperti, asteroid, meteorid, dan juga komet yang ikut serta mengelilingi matahari. Matahari dalam tata surya dijadikan sebagai suatu pusat maka dari itu matahari di kelilingi oleh semua anggota tata surya. Lintasan yang dilalui oleh tata surya atau benda benda langit tersebut untuk mengitari matahari disebut dengan orbit.

Matahari adalah anggota penyusun dari tatasurya yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Matahari adalah sebuah bintang yang letaknya paling dekat dengan bumi. Suhu pada inti matahari berkisar anatara kurang lebih 35.000.000 ⁰C dan di bagian tepi matahari suhunya hanya berkisar antara 6000⁰C. Matahari melakukan perputaran pada sumbunya yang dilakukan dari arah barat menuju ke arah timur. Adapun anggota tatasurya lainnya adalah planet. Planet adalah suatu benda yang ada di langit yang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri. Dalam susunan tata surya terdapat 8 buah planet yang telah ditentukan. Baca: Proses pembentukan dan terjadinya tata surya
Rating: 4.5