http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 05 Agustus 2015

Proses Pembentukan Dan Terjadinya Tata Surya

Proses pembentukan dan terjadinya tata surya – Sebelum dibahas lebih lanjut tentang proses pembentukan dan juga proses terjadinya tata surya, saya bahas dulu tentang definisi tata surya. Tata surya adalah perkumpulan benda benda langit yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari serta semua objek yang ikut terikat oleh sebuah gaya gravitasi. Objek objek itu ialah termasuk di dalamnya delapan buah planet yang telah diketahui beserta orbit yang memiliki bentuk elips, lima buah planet katai atau planet kerdil,  173 buah satelit alami, yang sudah diidentifikasi, dan juga ada jutaan benda langit lainnya seperti asteroid, meteorid, komet, dan lainnya. Lalu bagaimanakah proses pembentukan dan juga proses terjadinya tata surya? Semua pertanyaan tersebut akan segera dijawab pada uraian di bawah ini.

Proses pembentukan tata surya

Pada sedikit ulasan di atas sudah saya jelaskan sedikit mengenai definisi dari tata surya. Dari sedikit penjelasan di atas mungkin anda sudah tahu betul apa itu tata surya, namun yang belum anda ketahui adalah bagaimana proses pembentukan tata surya? Dan hal itu masih menjadi pertanyaan yang belum di ketahui jawabannya. Namun, sebentar lagi anda akan mengetahuinya. Sebab saya akan menjelaskan tentang asal usul proses terbentuknya tata surya. Baca: Jagad raya dan tata surya

Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang proses terjadinya tata surya, salah satu teori yang menjelaskan tentang proses pembentukan tata surya adalah teori kabut atau teori nebula. Teori kabut atau yang sering di sebut juga dengan teori nebula ini di kemukakan oleh seorang ahli yang bernama Immanuel kart dan juga simon de laplace. Dalam teori ini pada mulanya terdapat satu buah nebula yang berbaur dan hampir saja bulat serta dapat berotasi dengan menggunakan kecepatan yang sangat lambat sehingga hal ini mulai menyusut.

Dan akibatnya adalah terbentuklah satu buah cakram yang datar pada bagian tengahnya. Penyusutan yang terjadi terus berlanjut dan pada akhirnya terbentuk satu buah matahari yang ada di suatu pusat cakram. Cakram ini kemudian berotasi secara lebih cepat lalu kemudian pada bagian tepi tepi sebuah cakramtersebut menjadi terlepas dan membentuk gelang gelang bahan. Setelah itu bahan yang terdapat dalam gelang gelang menjadi memadat sehingga terbentuklah salah satu anggota tata surya yaitu planet-planet yang berevolusi untuk mengitari Matahari.
Proses terjadinya tata surya

Proses terbentuk dan proses terjadinya tata surya itu sebetulnya sama saja, hanya saja berbeda kalimatnya saja. Proses terjadinya tata surya juga dijelaskan dalam beberapa teori seperti teori pasang surut gas, teori kabut dan sebagainya. Pada penjelasan diatas telah saya jelasakan tentang teori kabut atau yang disebut juga dengan istilah teori nebula. Dalam teori kabut atau teori nebula yang sudah saya jelaskan diatas telah diterangkan secara jelas bagaimana proses terjadinya salah satu anggota tata surya yaitu planet. Dengan begitu setelah anda membaca keterangan di atas maka secara tidak langsung anda sudah dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana proses pembentukan dan proses terjadinya tata surya yang di lontarkan diatas. Baca: Karakteristik anggota tata surya
Rating: 4.5