http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 27 Agustus 2015

Pertumbuhan Pada Manusia

Pertumbuhan pada manusia – Pada artikel yang sebelumnya saya telah bahas tentang embrio dan juga perkembangan embrio. Pada kesempatan kali ini saya bahas tentang pertumbuhan pada manusia. Pertumbuhan yang terjadi pada manusia itu biasanya dihubungkan dengan adanya penambahan dari jumlah dan juga ukuran sel yang ada di dalam tubuh manusia. Misalnya adalah pada saat bayi baru terlahir ke dunia, hanya memiliki berat sekitar 3 kg, hal ini berbeda pada saat bayi tersebut sudah menginjak umur 6 bulan beratnya akan berubah menjadi sekitar 8 sampai 9 kg dan bayi itu akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Masalah tentang pertumbuhan yang terjadi pada manusia itu akan saya bahas pada uraian yang ada di bawah ini.

Pertumbuhan manusia

Pertumbuhan merupakan sebuah proses pertambahan yang meliputi ukuran, bobot, volume, serta jumlah sel yang memiliki sifat irreversible atau sel yang tidak bisa kembali ke asal mulanya. Adapun yang dimaksud dengan perkembangan yaitu suatu proses perubahan ataupun diferensiasi dari sel untuk menuju suatu keadaan yang jauh lebih dewasa. Pertumbuhan dan juga perkembangan itu memiliki arti yang sama sama penting bagi setiap makhluk hidup khususnya manusia. Pertumbuhan manusia dan juga perkembangan manusia itu akan membawa manusia pada tingkat kedewasaan. Pada saat manusia telah tumbuh menjadi dewasa, maka manusia tersebut akan dapat menghasilkan keturunannya melalui proses reproduksi sehingga hal ini akan membuat populasi manusia bisa tetap terjaga kelestariannya.

Pertumbuhan manusia itu sendiri meliputi dua buah tahapan, yaitu tahap yang pertama adalah tahap pra kelahiran yaitu tahap dimana manusia tersebut belum dilahirkan ke dunia atau tahap dimana manusia masih ada di dalam rahim ibunya. Tahap yang ke dua adalah tahap pasca kelahiran yaitu tahap dimana manusia itu telah terlahir ke dunia. Ke dua tahapan pertumbuhan yang terjadi pada manusia itu akan saya jelaskan lebih detail pada uraian berikut.

Pertumbuhan pada manusia

Pertumbuhan pada manusia itu terdiri atas dua buah tahapan seperti yang telah saya jelaskan di atas, ke dua tahapan itu yaitu tahap pra kelahiran dan tahap pasca kelahiran. Dari masing masing tahap tersebut memiliki tahapan tahapan sendiri. Yang pertama adalah tahap pra kelahiran, tahap pra kelahiran itu meliputi tiga buah tahapan yaitu :
  1. Tahap tri semester pertama, pada tahapan ini dimulai sejak kandungan usia 3 bulan pertama. Dimana janin tersebut masih disebut dengan embrio
  2. Tahap tri semester ke dua, pada tahap ini embrio sudah disebut sebagai janin. Karena embrio tersebut telah mengalami perkembangan sel secara lebih sempurna. 
  3. Tahap tri semester ketiga, tahap ini janin telah berkembang dengan sangat sempurna. Janin sudah nampak terlihat seperti manusia dan akan terus mengalami perkembangan sampai saat akan terlahir ke dunia
Tahapan yang ke dua pada pertumbuhan manusia adalah tahap pasca kelahiran. Pada tahapan ini meliputi tahap balita atau anak anak, tahap remaja, tahap dewasa, dan tahap tua atau lansia.
Rating: 4.5