http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 28 Agustus 2015

Pertumbuhan Janin Dalam Rahim

Pertumbuhan janin dalam rahim – Kita semua telah sama sama mengetahui jika manusia itu tercipta karena adanya proses reproduksi yang dilakukan oleh setiap pasangan laki laki dan juga perempuan. Reproduksi pada manusia itu berhasil apabila sel telur atau sel ovum telah berhasil di buahi oleh sel sperma yang dimiliki oleh pihak laki laki, keberhasilan ini ditandai oleh adanya kehamilan yang dialami oleh wanita. Wanita akan mengalami kehamilan ketika sel telur atau sel ovum telah berhasil dibuahi oleh sel sperma. Nah, yang akan saya bahas saat ini yaitu tentang pertumbuhan janin di dalam rahim wanita. Untuk itu langsung saja yuk kita simak bersama.

Pertumbuhan janin

Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu tunggu oleh setiap manusia yang sudah menikah. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bahwa masa kehamilan itu akan terjadi pada saat sel telur sudah berhasil untuk dibuahi oleh sel sperma. Dan kemudian akan mengalami pembelahan sel yang disebut dengan istilah zigot. Dan kemudian sel tersebut akan menempel pada dinding rahim wanita tersebut. Zigot akan terus mengalami pembelahan secara terus menerus dan akan terus berkembang hingga disebut dengan istilah embrio. Masalah pertumbuhan janin yang terjadi di dalam rahim wanita akan saya jelaskan pada uraian berikut.

Pertumbuhan janin dalam rahim

Kita sudah tahu jika manusia mengalami reproduksi yang terjadi di dalam rahim setiap wanita yang telah dibuahi oleh sel sperma. Sel telur yang telah dibuahi akan mengalami pembelahan sel dan akan terus mengalami pertumbuhan di dalam rahim wanita. Pertumbuhan janin dalam rahim wanita itu terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan tri semester pertama, tahapan tri semester ke dua dan tahapan tri semester ke tiga. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
  • Tahapan tri semester pertama. Tahapan ini adalah tahapan tiga bulan pertama kehamilan mulai dari proses terjadinya pembuahan dan pembelahan zigot yang terus berkembang hingga berubah menjadi embrio. Pada tahapan ini dimulai awal sel telur atau sel ovum dibuahi oleh sel sperma dan kemudian menjadi zigot lalu sigot itu mengalami pembelahan sel dan menempel pada dinding rahim dan disebut dengan embrio. Kemudian embrio itu akan terus mengalami pembelahan untuk membentuk sel sel lainnya.
  • Tahapan tri semester kedua. Tahapan ini adalah tahapan kehamilan setelah tiga bulan yang pertama. Pada tahapan ini embrio terus berkembang dan membentuk sel sel manusia dan akan terus berkembang hingga berubah menjadi uterus. 
  • Tahapan tri semester ketiga. Tahapan ini adalah tahapan kehamilan yang terakhir, dimana uterus sudah memiliki sel sel manusia yang lengkap hingga telah berubah menjadi janin. Pada tahap ini janin sudah terlihat seperti manusia, janin akan terus berkembang dan tumbuh sampai pada waktu kelahiran. Janin tersebut akan terlahir ke dunia dan pada saat janin sudah terlahir ke dunia disebut dengan istilah bayi.
Rating: 4.5