http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 29 Agustus 2015

Perkembangan Kehamilan Manusia

Perkembangan kehamilan manusia – Manusia tercipta karena adanya proses reproduksi dari laki laki dan perempuan. Awal mula terbentuknya manusia adalah pada saat terjadi pembuahan pada sel ovum atau sel telur yang dilakukan oleh sel sperma. Setelah sel telur berhasil untuk dibuahi oleh sel sperma, kemudian akan melakukan pembelahan yang disebut dengan zigot. Lalu zigot akan terus melakukan pembelahan hingga disebut dengan embrio. Pertanyaannya adalah bagaimanakah perkembangan kehamilan yang terjadi pada manusia itu? pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang perkembangan kehamilan pada manusia, untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas. Langsung saja yuk kita bahas bersama sama.

Perkembangan kehamilan

Perkembangan kehamilan pada manusia itu diawali dari adanya pembuahan pada sel telur hingga pada saat proses menjelang kelahiran. Tahap tahap perkembangan kehamilan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Pada bulan pertama, terjadi pembuahan pada sel telur. Sehingga sel akan terbentuk bulat seperti bola dan menempel di dinding rahim. Sel itu berkembang menyerupai udang yang sangat kecil seperti beras. Pada bulan ini susunan saraf pusat dan juga jantung akan tumbuh
  • Pada bulan ke dua, akan terbentuk organ organ tubuh manusia seperti, kaki, tangan, struktur mata, telinga, mulut, otak serta organ penting yang lainnya seperti jantung, paru paru, hati, ginjal, dan lain lain 
  • Pada bulan ke tiga, panjang dari embrio kira kira 5 cm dan beratnya kira kira 14 gram. Pada bulan ini, wajah janin mulai terbentuk, seperti hidung dan juga dagu sudah bisa terlihat jelas, mata sudah bisa dibuka dan ditutup, bibir janin sudah mulai bisa digunakan untuk menghisap, kaki dan juga tangan sudah mulai membesar dan sudah terbentuk kuku dan juga jari jari, serta alat kelamin sudah mulai nampak. 
  • Pada bulan ke empat, janin sudah berkembang sangat cepat, organ bagian dalam sudah terbentuk dan sudah mulai berfungsi. 
  • Pada bulan ke lima, perkembang janin semakin pesat. Panjang janin mulai bertambah kira kira sampai 13 cm. sudah dapat memproduksi selaput putih yang berfungsi untuk melapisi tubuhnya serta melindungi kulitnya. Rambut, alis bulu mata sudah mulai tumbuh, panca indra sudah mulai berkembang. 
  • Pada bulan ke enam, Sistem pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh janin semakin tumbuh dengan matang. Janin mulai bisa mengontrol gerak pada tubuhnya dan seorang ibu yang tengah mengandung juga sudah bisa untuk merasakan gerak yang dilakukan oleh janin tersebutterlebih jika anda sedang beristirahat, maka anda akan sangat bisa merasakan gerakan tersebut. 
  • Pada bulan ke tujuh, Otak sudah berkembang dengan cepat, panjang dan juga berat janin semakin bertambah. Posisi janin sudah mulai berubah, yaitu posisi kepala janin berada di bagian bawah, dan organ organ pun mulai tubuh secara sempurna. 
  • Pada bulan ke delapan, Kepala janin berada pada bagian bawah, menempatkan diri seperti posisi saat akan lahir. 
  • Pada bulan ke Sembilan organ bayi sudah lengkap terbentuk, dan posisi bayi sudah sempurna. Bulan ini tinggal menunggu waktu kapan bayi akan terlahir.

Perkembangan manusia

Perkembangan manusia itu ada dua tahap yaitu tahap kehamilan dan setelah kehamilan atau setelah bayi lahir. Tahap kehamilan itu melalui tiga buah tahapan yaitu tahap tri semester pertama, tri semester ke dua, dan tri semester ke tiga. Adapun tahap setelah melahirkan itu meliputi, tahap balita, anak anak, remaja, dewasa, tua, dan lansia.
Rating: 4.5