http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 01 Agustus 2015

Pembentukan Dan Macam Macam Tata Surya

Pembentukan dan macam macam tata surya – Sebelum kita bahas mengenai proses pembentukan tata surya dan juga macam macam tata surya, saya akan bahas tentang pengertian tata surya terlebih dahulu. Tata surya merupakan suatu perkumpulan dari benda benda yang berada di langit dan terdiri dari beberapa anggota diantaranta adalah satu buah bintang yang sangat besar yang disebut dengan istilah matahari, dan juga terdiri atas semua jenis objek yang ikut serta dalam suatu kejadian yang disebut dengan gaya grafitasi.

Objek objek yang ikut masuk di dalam anggota tata surya itu diantaranya adalah delapan buah planet yang sudah banyak diketahui beserta dengan orbitnya, planet itu memiliki bentuk elips, lima buah planet yang kerdil, 173 buah satelit yang alami dan juga sudah teridentifikasi, dan juga berjuta juta dari benda benda langit yang lainnya seperti komet, dan lain sebagainya. Setelah anda mengetahui pengetian tata surya, maka sudah sepantasnya jika anda juga mengetahui tentang proses pembentukan tata surya dan juga macam macam tata surya. Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa saya akan membahas tentang pembentukan dan juga macam macam tata surya. Baca: Ciri ciri anggota tata surya

Pembentukan tata surya

Sebelum anda mengetahui tentang macam macam tata surya, ada baiknya jika anda mengetahui tentang proses pembentukan tata surya itu sendiri. Bagaimana proses pembentukan dari tata surya? Semua itu akan saya bahas pada postingan yang satu ini. Ada beberapa macam pendapat tentang proses pembentukan tata surya. Salah satu pendapat tersebut mengatakan bahwa tata surya itu terbentuk dari adanya gumpalan awan yang memiliki gas dan juga debu.

Alam semesta pada saat itu juga memiliki gumpalan awan dan juga debu yang telah bertebaran di ruang angkasa. hampir selama 5.000 juta tahun yang telah lalu, ditemukan salah satu awan yang mengandung gas tersebut mengalami sebuah pemampatan. Pada proses terjadinya pemampatan itu terdapat partikel partikel debu yang ikut tertarik ke dalam pusat awan dan pada akhirnya membentuk sebuah gumpalan bola dan mulai memipih.

Gumpalan gumpalan dari bola gas itu memipih dan berbentuk seperti sebuah cakram. Partikel partikel yang ada di bagian tengah cakaram lalu saling menekan sehingga akan menimbulkan panas dan juga dapat menjadi pijar matahari. Bagian yang ada pada posisi yang paling luar itu berputar dengan kecepatan yang sangat cepat dan akhirnya akan terpecah menjadi beberapa buah gumpalan gumpalan yang kecil. Gumpalan gumpalan yang kecil itulah yang kemudian memipih dan pada akhirnya mengalami pembekuan dan terbentuklah tata surya yang berupa planet dan juga satelit.
Macam macam tata surya

Macam macam tata surya adalah matahari yang merupakan pusat dari tata surya, selain matahari tata surya juga terdiri dari delapan buah planet yang di bagi menjadi dua bagian yaitu bagian dalam dan juga bagian luar. Selain matahari dan juga planet benda benda langit yang lainnya seperti meteorid, asteroid, komet dan sebagainya itu juga merupakan bagian dari macam macam tata surya. Sebab pengertian dari tata surya itu sendiri adalah kumpulan dari benda benda yang ada di langit yang ikut serta dalam kegiatan gravitasi. Baca: Sistem susunan tata surya
Rating: 4.5