http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 07 Agustus 2015

Karakteristik Anggota Tata Surya

Karakteristik anggota tata surya – Saya sudah banyak membahas masalah tentang tata surya. Setelah banyak saya bahas tentang pengertian tata surya, teori pembentukan tata surya, anggota angota tata surya, benda benda yang termasuk dalam anggota tata surya, ada satu hal lagi yang harus anda ketahui yaitu tentang karakteristik anggota tata surya. Masing masing anggota tata surya memiliki karakteristik masing masing. Karakteristik tersebut akan menjadi pokok bahasan yang akan saya bahas kali ini.

Karakteristik tata surya

Bicara masalah tata surya, ada banyak hal yang perlu anda ketahui salah satunya yaitu karakteristik tata surya. Salah satu karakteristik tata surya adalah benda langit yang mengitari matahari. Anda mungkin sudah banyak tahu apa saja yang termasuk anggota tata surya, sebab saya sering sekali membahas tentang anggota anggota yang masuk dalam tata surya. Jika anda sudah tahu apa saja yang masuk dalam anggota tata surya, sudah tahukah anda apa saja karakteristik anggota tata surya? Pada penjelasan di bawah akan saya bahas mengenai karakteristik anggota tata surya. Baca: Sistem susunan tata surya

Karakteristik anggota tata surya

Pada saat ini saya akan bahas tentang karakteristik anggota tata surya. Berikut adalah karaktristik dari anggota tata surya yang dapat saya jelaskan :
  1. Matahari. Matahari salah satu benda langit yang merupakan sebuah pusat dari tata surya sebab planet planet yang termasuk anggota tata surya ikut bergerak untuk mengelilinginya. Matahari memiliki diameter kira kira sampai 1,4 × 106 Km. Matahari juga merupakan suatu sumber energi yang paling utama bagi penghuni planet bumi sebab matahari dapat menyebabkan berbagai macam proses fisis dan juga biologi sehingga dapat berlangsung.
  2. Planet. Planet adalah salah satu benda yang ada di langit dan merupakan anggota dari tata surya. Planet adalah suatu benda yang mengorbit matahari. Bentuk dari planet ini sendiri berbentuk elips dan bulat, serta orbitnya telahbersih dari sebuah keberadaan benda di angkasa yang lain. Berdasarkan atas kriteria tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa planet planet tersebut merupakan bagian dari anggota tata surya. Ada delapan buah planet yang termasuk anggota tata surya.
  3. Planet kerdil atau planet katai adalah salah satu planet yang tidak memenuhi persyaratan sebagai planet. Sehingga planet tersebut disebut sebagai planet kerdil. 
  4. Asteroid. Asteroid adalah sebuah yang berbatu kecil. Asteroid memiliki jumlah yang sangat banyak. 
  5. Meteor. Meteor adalah salah satu benda yang ada di langit yang memiliki warna yang cerah. Meteor bergerak sangat cepat, sehingga apabila anda melihat benda langit berwarna cerah dan bergerak secara cepat benda itu lah yang disebut dengan meteor. 
  6. Komet. Komet adalah benda yang ada di angkasa dan terlihat bercahaya sebab terjadi sebuah gesekan pada atom atom yang ada di udara. Baca: Proses pembentukan dan terjadinya tata surya 
Rating: 4.5