http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 09 Agustus 2015

Fungsi Ginjal Sebagai Alat Ekskresi Pada Manusia

Fungsi ginjal sebagai alat ekskresi pada manusia – Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai alat ekskresi bagi manusia. Ginjal merupakan organ sangat penting sehingga harus di lindungi dan di jaga secara ekstra hati hati. Ginjal berfungsi untuk membersihkan darah, selain itu ginjal juga ditugaskan untuk menjaga jumlah dari mineral yang ada di dalamnya.

Ginjal harus dapat memastikan berapa jumlah cairan yang tepat pada tubuh manusia. Selain itu, ginjal juga bertugas untuk membantu menjaga tekanan darah manusia agar selalu dalam keadaan yang normal, dan juga membuat sel sel dari darah merah serta menjaga tulang yang kuat. Ginjal juga merupakan organ yang fungsinya untuk menyaring sisa zat zat dalam darah untuk dikeluarkan kembali dari dalam tubuh. Selain itu diatas juga sudah saya sebutkan bahwa ginjal berfungsi sebagai alat ekskresi pada manusia. Apakah fungsi ginjal sebagai alat ekskresi pada manusia?

Fungsi ginjal pada manusia

Fungsi ginjal pada manusia yang paling utama adalah berfungsi untuk menyaring darah yang ada di dalam tubuh manusia dan juga berfungsi untuk mengeluarkan sisa sisa

zat cairanyang ada di dalam tubuh yang berlebihan. Ginjal bertugas untuk meninggalkan garam dan juga mineral dalam darah sesuai dengan jumlah yang pas dengan kebutuhan tiap tiap manusia. Jumlah garam dan jumlah minirela yang kelebihan di dalam tubuh akan disaring dari darah dengan bentuk cairan limbah yang biasanya disebut sebagai urin. Jika anda sudah mengetahui fungsi ginjal pada manusia yang paling utama, maka yang wajib anda ketahui selanjutnya adalah fungsi ginjal sebagai alat ekskresi.

Fungsi ginjal sebagai alat ekskresi

Pada penjelasan di atas sudah dijelaskan mengenai fungsi utama ginjal bagi manusia, selanjutnya akan saya jelaskan mengenai fungsi ginjal sebagai alat ekskresi. Sebagai alat ekskresi ginjal berfungsi untuk :
  • Membersihkan ataupun menyaring darah. Ginjal berfungsi untuk menyaring atau membersihkan darah yang ada di dalam tubuh, sebab jika darah yang terdapat di dalam tubuh manusia itu tidak di saring maka dapat menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan racun racun yang terdapat di dalam tubuh tidak akan tersaring jika darah dalam tubuh tersebut tidak di saring oleh ginjal.
  • Mengatur volum darah. Cairan yang terdapat didalam tubuh manusia itu telah diatur jumlahnya oleh darah seperti cairan tubuh yang larut. Maka dari itu volum darah pada tubuh harus tetap seimbang jumlahnya dengan volum cairan larut dalam tubuh, sebab jika tidak terjadi keseimbangan maka akan mengakibatkan tubuh menjadi kering, hal ini dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan. Maka dari itu fungsi ginjal di sini adalah untuk mengatur volum darah yang ada pada tubuh manusia.
Rating: 4.5