http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 31 Agustus 2015

Definisi Atau Pengertian Enzim

Definisi atau pengertian enzim – Kita semua tentunya pernah belajar tentang ilmu biologi di sekolah. Nah, pada saat kita belajar tentang ilmu biologi di sekolah, kita pasti sesekali pernah mendengar istilah enzim. Bahkan bukan hanya mendengar sesekali dua kali saja, tapi istilah enzim itu sudah bukan merupakan istilah yang asing lagi bagi kita yang sudah belajar tentang ilmu biologi. Apa itu enzim? Apa definisi atau pengetian enzim? Definisi atau pengertian enzim itulah yang akan menjadi topik pembahasan saya kali ini. Pada kesempatan kali ini saya akan bahas lebih dalam tentang definisi enzim.

Definisi enzim

Enzim adalah salah satu kajian teori yang ada dalam ilmu biologi. Sebelum anda tahu tantang definisi enzim. Ini adalah sekilas pengetahuan seputar enzim. Enzim itu erat hubungannya dengan makhluk hidup, sebab enzim itu sendiri ada di dalam tubuh setiap makhluk hidup. Seperti yang telah saya katakana barusan bahwa enzim ada di dalam tubuh setiap makhluk hidup. Anda sudah tahukan apa saja yang tergolong dalam jenis makhluk hidup, contohnya adalah manusia, hewan dan juga tumbuhan. Jadi, enzim itu dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita, enzim banyak ditemukan di setiap jenis makhluk hidup seperti, manusia, tumbuhan dan juga hewan.

Setiap organisme yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan enzim untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Setiap jenis makhluk hidup tersebut akan dikendalikan oleh suatu reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Dalam reaksi kimia itu yang terlibat proses pertumbuhan, pencernaan, memerangi penyakit, pernapasan, pembekuan darah, penyembuhan, reproduksi, dan juga segala sesuatu lainnya yang dikatalisasi oleh enzim. Tubuh setiap manusia itu mengandung sekitar kurang lebih 3.000 enzim yang akan terus melakukan regenerasi, atau memperbaiki dan juga akan terus melindungi diri kita.

Enzim merupakan suatu powerhouses yang dapat melakukan berbagai jenis fungsi pada tubuh manusia. Enzim itu adalah zat bahan kimia yang begitu sangat menakjubkan alam. Enzim itu dapat digunakan dalam bentuk suplemen dalam dunia medis. Tubuh setiap manusia itu pada dasarnya dapat menciptakan sebagian besar enzim, tubuh mampu untuk mendatangkan malapetaka dari sistem enzim tubuh danakan menyebabkan terjadinya suatu penipisan pada enzim, hal ini dikarenakan buruknya pola makan, dan juga genetika manusia itu sendiri. Pengertian enzim akan saya jelaskan pada sedikit uraian di bawah ini.

Pengertian enzim

Pengertian enzim adalah suatu biomolekul yang besar dan mengemban tanggung jawab untuk melakukan berbagai jenis reaksi kimia yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Enzim itu adalah suatu molekul protein dan juga sebuah katalis biologis pada tubuh makhluk hidup. Enzim akan dapat meningkatkan sebuah laju reaksi. Enzim memiliki sifat yang spesifik, enzim hanya dapat berfungsi dengan satu buah reaktan saja yang akan menghasilkan produk tertentu. Enzim itu memiliki struktur tiga dimensi serta dapat memanfaatkan jenis jenis molekul organik contohnya adalah molekul biotin dan dapat juga memanfaatkan molekul anorganik seperti molekul ion logam atau ion magnesium yang dapat digunakan untuk membantu katalisis.
Rating: 4.5