http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 22 Juli 2015

Struktur Dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan

Struktur dan fungsi organ pada tumbuhan – Tumbuhan adalah jenis makhluk hidup yang memiliki struktur tubuh dan juga memiliki organ. Bukan hanya hewan dan juga manusia saja yang memiliki struktur tubuh dan juga organ tubuh, tetapi tumbuhan juga memiliki. Organ yang terdapat didalam tubuh tumbuhan itu terdiri dari berbagai macam jaringan tumbuhan yaitu meliputi akar, daun, batang, bunga, dan juga buah. Organ organ tumbuhan itu dapat dibagi menjadi dua buah bagian yaitu organ hara atau disebut juga dengan organa nutritiaum dan juga organ reproduksi atau yang disebut juga dengan organa reproductikum.

Jika anda ingin belajar lebih dalam tentang masalah tumbuhan maka anda harus mengetahui struktur dan juga organ yang ada pada tubuh tumbuhan. Disini saya ingin membantu kalian semua yang ingin belajar lebih dalam tentang masalah tumbuhan, maka dari itu pada kesempatan ini saya ulas topik tentang struktur dan juga fungsi organ tumbuhan.

Struktur tumbuhan

Pada sedikit ulasan diatas telah di informasikan tentang struktur tumbuhan. Tumbuhan tersusun atas beberapa bagian struktur yang meliputi struktur akar, struktur batang, struktur daun, struktur bunga, dan juga struktur buah. Masing masing struktur tumbuhan tersebut memiliki fungsi masing masing. Struktur tumbuhan merupakan sekumpulan dari sel yang memiliki bentuk yang sama dan akan membuat atau membentuk sebuah jaringan dan juga beberapa jaringan dalam membentuk organ. Organ organ jaringan tersebut yang akan tumbuh menjadi satu tumbuhan yang utuh sehingga dapat disebut sebagai tumbuhan yang sempurna karena telah memiliki organ dan struktur yang lengkap.

Fungsi organ pada tumbuhan

Saya telah jelaskan diatas bahwa struktur tumbuhan merupakan perkumpulan suatu sel yang akan membentuk sebuah organ tumbuhan untuk menciptakan sebuah tumbuhan yang utuh. Organ organ yang terdapat dalam tumbuhan memiliki fungsi sendiri sendiri. Berikut adalah fungsi organ pada tumbuhan yang dapat anda baca pada penjelasan dibawah ini :

Akar. Pengertian dari akar adalah suatu bagian yang terdapat pada tumbuhan dan letaknya dibagian bawah, akar tumbuhan kebanyakan berada dibawah tanah atau bisa dikatakan terpendam dibawah tanah. Akar memiliki warna putih kekuning kuningan atau putih tulang dengan bentuk yang sedikit agak runcing sehingga hal ini akan membuat mudah dalam menembus tanah. Salah satu fungsi akar adalah untuk menyerap garam dan juga air dari dalam tanah.

Batang. Pengertian dari batang adalah salah satu bagian organ tumbuhan yang digunakan untuk tumbuh ranting daun dan juga buah. Fungsi batang adalah sebagai alat penyangga tumbuhan agar tumbuhan dapat berdiri dengan tegak dan kokoh.

Daun. Fungsi organ daun itu adalah untuk mengeluarkan kandungan air dalam tubuh melalui cara penguapan dan juga sebagai alat respirasi dan sebagai sarana untuk melakukan fotosintesis

Bunga berfungsi sebagai sebuah alat reproduksi bagi tumbuhan untuk menghasilkan buah

Buah berfungsi untuk memnuhi kebutuhan hidup manusia maupun jenis makhluk hidup yang lain.
Rating: 4.5