http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 03 Juli 2015

Skema Peredaran Darah

Skema peredaran darah – Tahukan anda hal hal yang terjadi didalam tubuh manusia yang masih hidup? Selain bernafas, berkembang biak, tumbuh, didalam tubuh manusia juga terjadi peredaran darah. Apa yang dimaksud dengan skema peredaran darah? Beredarnya darah pada tubuh manusia itu sangat penting, karena jika darah didalam tubuh tersebut masih mengalir atau beredar itu berarti dapat dinyatakan bahwa manusia itu masih hidup, namun apa jadinya jika darah didalam tubuh sudah tidak mengalir? Sangat bahaya tentunya, karena hal ini bisa dikatakan bahwa makhluk hidup tersebut sudah mati.

Pada penjelasan dibawah saya akan jelaskan lebih dalam tentang skema peredaran darah. Pengetahuan tentang skema peredaran darah tersebut tidak kalah penting dengan pelajaran biologi yang lainnya. Maka dari itu saya akan ulas tentang permasalah tersebut. Bagi anda yang merasa ingin tahu lebih dalam mengenai permasalah tersebut, maka anda harus membaca postingan yang satu ini, supaya anda dapat menimba ilmu meskipun hanya sedikit. Namun, besar harapan saya jika postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Peredaran darah

Pada setiap makhluk hidup terjadi proses peredaran darah. Sistem peredaran darah yang terdapat pada makhluk hidup itu sendiri ada dua jenis yaitu sistem peredaran darah yang bersifat terbuka dan juga sistem peredaran darah yang bersifat tertutup. Sistem peredaran darah yang terjadi pada makhluk hidup khususnya manusia itu merupakan salah satu bagian dari sistem kerja jantung dan juga juga sistem kerja jaringan pembuluh darah atau disebut juga sistem kardiovaskuler.

Sistem peredaran darah ini sangat menjamin terjadinya kelangsungan hidup bagi setiap organism dan juga didukung oleh stiap metabolism yang terdapat pada sel yang ada didalam tubuh untuk mempertahankan sifat kimia dan juga fisiologis cairan pada tubuh. Pada saat terjadi proses peredaran darah, darah banyak mengangkut oksigen yang ada pada paru paru untuk menuju sel yang terdapat dalam tubuh dan juga juga karbon dioksida namun pada arah yang berlawanan.

skema peredaran darah

Skema peredaran darah itu merupakan sebuah sistem organ yang memiliki fungsi untuk memindahkan sebuah zat kepada sel dan juga dari sel. Sistem atau skema ini dapat menolong stabilisasi suhu dan juga PH pada setiap tubuh. Skema peredaran darah itu sendiri tersusun atas jantung dan juga pembuluh darah khususnya pada manusia.

Jantung terdiri dari empat ruang yang telah dibagi secara sempurna yang terdiri dari dua buah serambi atau atrium dan juga dua buah bilik atau ventrikel dan keempat empatnya tersebut terdapat dalam rongga dada pada sebelah kiri tepatnya diatas diafragma. Jantung itu sendiri dibungkus oleh sebuah kantong yang disebut kantong perikardium. Adapun pembuluh darah itu sendiri terdiri dari arteri dan juga vena. Arteri itu sendiri berhubungan secara langsung dengan vena pada kapiler dan juga venula yeng telah dihubungkan oleh sebuah bagian yang bernama endothelium.
Rating: 4.5