http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 02 Juli 2015

Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia – Saat ini kita akan belajar tentang masalah biologi. Salah satu cirri makhluk hidup yang terdapat dalam ilmu biologi adalah bernafas. Yang termasuk dalam golongan jenis makhluk hidup antara lain adalah hewan, tumbuhan, dan juga manusia. Pada saat ini, yang akan kita bahas adalah tentang sistem pernafasan pada manusia. Sudah tahukah anda mengenai sistem pernafasan pada manusia? Tentunya yang menyangkut apa itu pengertian sistem pernafasan pada manusia? Alat alat pernafasan yang digunakan oleh manusia? Semua itu akan segera diulas pada uraian artikel di bawah ini.

Bagi anda sekalian yang ingin mengetahui tentang sistem pernafasan pada manusia secara lebih spesifik lagi, anda harus menyimak penjelasan yang ada dibawah ini. Mudah mudahan dengan adanya sedikit uraian dibawah ini, akan dapat menambah ilmu pengetahuan kita tentang biologi khususnya tentang sistem pernafasan yang terdapat pada manusia. Yuk sama sama kita belajar tentang masalah yang satu ini.

Sistem pernafasan

Bernafas adalah salah satu ciri makhluk hidup, seperti yang telah dijelaskan diatas. Dalam kegiatan bernafas terdapat yang namanya sistem pernafasan. Sudah tahukah anda apakah itu sistem pernafasan? Sistem pernafasan atau disebut juga dengan sistem respirasi merupakan sistem organ yang dipakai untuk melakukan kegiatan pertukaran gas atau bernafas. Sistem pernafasan terjadi pada setiap mahluk yang masih hidup baik itu hewan, tumbuhan maupun manusia.

Pada hewan yang memiliki kaki empat, sistem pernafasan itu pada umumnya juga merupakan sebuah saluran yang dipakai guna membawa udara masuk dalam paru paru dan disitulah tempat terjadinya proses pertukaran gas. Diafragma yang menarik udara untuk masuk dan juga keluar. Selain pada hewan, sistem pernafasan juga terjadi pada tumbuhan, meskipun cara bernafas antara hewan dan juga tumbuhan itu berbeda. Selain hewan dan tumbuhan sistem pernafasan juga terdapat pada manusia. Apa saja sistem pernafasan pada manusia? Semua itu akan dijelaskan pada uraian yang ada dibawah ini.

Sistem pernafasan pada manusia

Sistem pernafasan pada manusia merupakan sistem menghirup oksigen yang diperoleh dari udara dan mengeluarkkan karbondioksida dan juga mengeluarkan uap air. Pada proses pernafasan tersebut, oksigen itu merupakan sebuah zat yang menjadi kebutuhan utama. Oksigen yang merupakan kebutuhan utama dalam proses pernafasan tersebut dapat anda peroleh secara langsung di lingkungan sekitar.

Pada saat bernafas terdapat alat alat yang bekerja untuk membantu setiap manusia dalam bernafas. Alat alat pernafasan tersebut berfungsi guna memasukan udara yang banyak mengandung oksigen dan juga mengeluarkan zat karbon dioksida dan juga mengeluarkan uap air. Adapun tujuan dari pada dilakukannya pernafasan itu sendiri adalah utnuk mendapatkan energi. Sistem pernafasan yang terjadi pada manusia meliputi dua hal yang penting yaitu saluran pernafasan dan juga mekanisme pernafasan.
Rating: 4.5