http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 13 Juli 2015

Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata

Sistem pernapasan pada hewan vertebrata – Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bernafas. Kita semua telah mengetahui bahwa ciri dari pada makhluk hidup itu adalah bernafas. Jika makhluk hidup sudah tidak bernafas maka makhluk tersebut dapat dikatakan sudah mati. Bernafas tidaj hanya terjadi pada manusia saja, melainkan juga terjadi pada semua jenis hewan dan juga tumbuhan. Yang akan saya kaji dalam kesempatan ini adalah sistem penafasan pada hewan khususnya hewan vertebrata.

Alat pernafasan pada hewan vertebrata itu sendiri ada bermacam macam tergantung dari jenisnya. Sebab hewan vertebrata itu sendiri juga memiliki banyak jenisnya. Jika anda sudah tahu pengertian dari hewan vertebrata pastinya anda dapat menyebutkan jrnis jenis dari hewan vertebrata tersebut. Jenis dari hewan vertebrata seperti ikan, katak, burung, dan masih banyak lagi jenis hewan vertebrata yang lainnya. Sudah tahukah anda sistem pernafasan yang terdapat pada hewan vertebrata itu apa saja? Jika anda ingin tahu informasinya, simaklah postingan yang satu ini.

Sistem pernafasan pada hewan

Saya telah tekankan pada keterangan yang ada diatas bahwa selain manusia, hewan juga memiliki ciri ciri bernafas. Jika hewan masih bernafas maka hewan tersebut berarti masih hidup, akan tetapi jika hewan itu sudah tidak bernafas lagi maka hewan tersebut dapat dikatakan sudah mati. Sistem pernafasan pada hewan itu terjadi pada semua jenis hewan baik itu hewan vertebrata, hewan invertebrate dan juga hewan hewan jenis yang lainnya. Namun, karena saat ini saya sedang mengkaji tentang sistem pernafasan pada hewan vertebrata maka disini akan diulas lebih dalam mengenai hewan vertebrata. Baca: Bagaimana cara hewan vertebrata bergerak

Hewan vertebrata sudah mempunyai sistem pernafasan dan fungsi dari sistem pernafasan tersebut adalah untuk mengangkut zat O2 atau gas pernafasan dari sebuah tempat pendapatan gas untuk menuju ke sel jaringan, atau sebaliknya untuk membuang karbondioksida ke suatu tempat pengeluaran. Adapun mekanisme sistem pernafasan pada hewan vertebrata itu sendiri ada berbagai macam ragam. Semua itu akan dijelaskan lebih dalam pada uraian berikut ini.

Sistem pernafasan pada hewan vertebrata

Pada penjelasan diatas telah dikatakan bahwa sistem pernafasan pada hewan vertebrata itu ada berbagai macam sesuai dengan jenis hewan vertebrata tersebut, karena jenis dari hewan vertebrata itu sendiri juga ada bermacam macam. Salah satu contoh hewan yang termasuk jenis hewan verterata adalah ikan. Sistem pernafasan yang terjadi pada hewan vertebrata yang satu ini menggunakan insang.

Insang yang dimiliki oleh ikan itu sendiri memiliki bentuk lembaran lembaran yang tipis dan memiliki warna yang merah muda. Insang ini sendiri selalu dalam keadaan yang lembab, sebab bagian yang paling luar dari insang ini selalu berhubungan dengan air. Insang terletak di dalam kepala ikan, disamping mata. Pada ikan yang memiliki tulang sejati insang yang dimilikinya dilengkapi dengan tutup yang biasa disebut operkulum, jika pada ikan yang memiliki tulang rawan disebut chondrichthyes. Baca: Perbedaan Kenari Jantan dan Betina
Rating: 4.5