http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 15 Juli 2015

Sistem Pencernaan Pada Hewan Mamalia Dan Invertebrata

Sistem pencernaan pada hewan mamalia dan invertebrata – Bicara masalah makhluk hidup itu ada banyak sekali yang harus di bahas, dan salah satunya adalah masalah pencernaan. Pencernaan itu sendiri berhubungan dengan makanan. Kita semua pasti sudah tahu jika setiap makhluk hidup entah itu manusia, hewan maupun tumbuhan membutuhkan makanan. Karena dari setiap makanan yang dimakan oleh makhluk hidup akan dip roses menjadi gizi atau nutrisi untuk dijadikan sebagai sumber energi. Sumber energi itulah yang akan menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup.

Proses perubahan makanan menjadi gizi atau nutrisi itu disebut dengan proses pencernaan. Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap makhluk hidup yang melakukan aktivitas makan maka akan mengalami proses pencernaan di dalam tubuhnya bukan hanya manusia saja yang mengalami proses pencernaan, namun semua jenis makhluk hidup yang makan. Mengenai masalah sistem pencernaan pada manusia mungkin sudah sering kali dibahas, maka dari itu pada postingan ini saya akan membahas tentang sistem pencernaan pada hewan. Akan tetapi dikhususkan pada hewan mamalia dan juga hewan invertebrata saja.

Sistem pencernaan pada hewan mamalia

Sistem pencernaan adalah proses untuk merubah makanan yang masih kasar atau besar untuk dihaluskan kemudian dirubah menjadi gizi atau nutrisi yang diperluka oleh tubuh.
Pengertian dari sistem pencernaan itu sama saja baik itu sistem pencernaan pada manusia maupun sistem pencernaan pada hewan, hanya saja saluran sistem pencernaannya saja yang mungkin ada sedikit perbedaan. Karena saat ini yang kita bahas adalah sistem pencernaan pada hewan mamalia dan invertebrata, maka saya akan jelaskan tentang sistem pencernaan pada hewan mamalia dan juga hewan invertebrata. Namun yang akan lebih dulu saya bahas adalah sistem pencernaan pada hewan mamalia.

Pada umumnya sistem pencernaan yang terjadi pada hewan mamalia itu tidak jauh berbeda dengan sistem pencernaan pada manusia. Yang membedakan antara sistem pencernaan pada hewan mamalia dan pada manusia itu hanyalah pada susunan dan juga pada bentuk giginya serta pada struktur lambungnya. Namun sama sama di mulai dari organ mulut dan akan diakhiri pada anus atau saluran pembuangan.

Sistem pencernaan pada hewan invertebrata

Pada penjelasan diatas telah dijelaskan tentang sistem pencernaan pada hewan mamalia, sekarang tinggal penjelasan tentang sistem pencernaan pada hewan invertebrata. Sistem pencernaan pada hewan invertebrata ini merupakan suatu rongga yang disebut dengan gastrovaskular yaitu hanya memiliki satu lubang saja atau hanya memiliki satu lubang saluran pencernaan yaitu dari mulut sampai pada anus.

Hewan invertebrata mengalami perkembangan dari berbagai jenis sistem pencernaannya yaitu untuk memecahkan segala macam jenis makanan yang ia makan. Hewan invertebrata ini telah diklasifikasikan sebagai salah satu jenis hewan yang memakai sistem pencernaan intraseluler dan juga ekstraseluler.
Rating: 4.5