http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 11 Juli 2015

Sistem Pencernaan Manusia Lengkap Dan Fungsinya

Sistem pencernaan manusia lengkap dan fungsinya – Kita semua telah mengetahui bahwa manusia membutuhkan energi untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Energi yang dibutuhkan oleh manusia dapat diperoleh dari makanan. Makanan yang dimakan oleh manusia akan diproses sedemikian rupa untuk dirubah menjadi suatu gizi atau nutrisi sehingga dapat dijadikan sumber energi. Proses perubahan makanan yang terjadi didalam tubuh itu disebut dengan istilah pencernaan.

Pencernaan yang terjadi didalam tubuh manusia dimulai dari proses pemecahan molekul yang besar dan diakhiri dengan pembuangan sampah sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Proses tersebut diawali dari mulut dan akan diakhiri oleh saluran pembuangan. Dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ yang melakukan proses pencernaan. Pada ulasan dibawah akan saya jelaskan mengenai sistem pencernaan pada manusia secara lengkap dengan fungsinya.

Sistem pencernaan manusia lengkap

Sistem pencernaan merupakan suatu proses untuk merubah molekul berat menjadi molekul sederhana dengan bantuan cairan enzim yang diperoleh dari beberapa organ yang termasuk saluran pencernaan. Sistem pencernaan manusia lengkap tersusun atas delapan organ seperti mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pankreas, dan juga saluran pembuangan. Setiap organ tersebut akan menjalankan tugasnya masing masing.

Pada penjelasan diatas telah disebutkan bahwa proses pencernaan pada manusia terjadi di awali dari mulut dan akan diakhiri dengan pembuangan sisa sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh lambung melalui saluran pembuangan. Didalam mulut partikel makanan akan dipecah menjadi partikel yang lebih lembut kemudian disalurkan ke kerongkongan melalui tenggorokan, dalam kerongkongan makanan yang telah lembut tersebut akan di salurkan ke dalam lambung untuk dirubah menjadi sebuah gizi ataupun nutrisi, setelah itu disalurkan ke seluruh anggota tubuh melalui aliran darah yang disampaikan oleh usus halus, sedangkan sisa makanan yang sudah tidak bisa untuk dicerna didalam lambung akan disalurkan ke dalam pankreas oleh usus besar, sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran pembuangan.

Sistem pencernaan manusia dan fungsinya

Panjelasan diatas telah menyebutkan bahwa sistem pencernaan manusia terdiri atas delapan organ yang dimulai dari organ mulut dan akan diakhiri dengan pembuangan sampah melalui saluran pembuangan. Mulut yang terdapat didalam tubuh manusia akan melakukan proses pencernaan pertama kali dengan dibantu oleh gigi dan juga lidah serta cairan enzim yang diperoleh dari lidah. Berikut adalah sistem pencernaan manusia dan fungsinya :
  • mulut berfungsi untuk memecahkan partikel makanan menjadi partikel atau ,molekul yang sederhana
  • tenggorokan berfungsi untuk menyalurkan molekul sederhana ke dalam kerongkongan 
  • kerongkongan berfungsi untuk menyalurkan molekul sederhana ke dalam lambung 
  • lambung berfungsi untuk memproses molekul sederhana menjadi gizi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh 
  • usus halus berfungsi menyalurkan nutrisi ke stiap anggota tubuh yang membutuhkan
  • usus besar berfungsi untuk menyalurkan sisa makanan yang tidak bisa dicerna menuju pankreas 
  • pankreas berfungsi untuk menampung limbah yang belum dikeluarkan dari dalam tubuh 
  • saluran pembuangan berfungsi untuk mengeluarkan limbah dari dalam tubuh
Rating: 4.5