http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 25 Juli 2015

Pengertian Dan Tujuan Pendidikan Islam

Pengertian pendidikan islam – Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Pendidikan juga bisa dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan berbagai hal. Menurut syariat Islam pendidikan yang paling utama yaitu pendidikan Islam. Karena pada dasarnya pendidikan Islam merupakan satu perangkat penting yang dapat melegitimasi bahkan melanggengkan struktur sosial yang ada dan sekaligus sebagai suatu wahana untuk menggapai cita-cita dan harapan.

Pendidikan Islam pada dasarnya adalah proses kombinasi. Kombinasi karena memadukan beberapa unsur di dalamnya, (tidak bisa berdiri sendiri). Pendidikan Islam adalah sebuah penggabungan dari tata nilai Islam yang dimaksudkan untuk perbaikan generasi. pendidikan islam merupakan suatu cara untuk melakukan perbaikan generasi. Apalagi generasi pemuda sekarang sudah banyak yang tidak peduli lagi dengan ajaran-ajaran agama yang berlaku, jadi pendidikan Islam sangatlah penting.
Pengertian Pendidikan islam

Secara sederhana pengertian pendidikan Islam dapat diartikan sebagai pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis serta dalam pemikiran para ulama dan dalam praktek sejarah umat Islam, jadi dapat dikatakan bahwa pendidikan Islam dalam pandangan yang sebenarnya adalah suatu sisitem pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan ideologi Islam, sehingga dengan mudah ia dapat membentuk hidupnya sesuai dengan ajaran Islam. Dalam pengertian ini dapat dinyatakan bahwa pendidikan Islam merupakan suatu sistem, yang didalamnya terdapat beberapa komponen yang saling kait mengkait.

Pendidikan Islam adalah proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitarnya, dengan cara pengajaran sebagai suatu aktivitas asasi dan sebagai profesi diantara profesi-profesi asasi dalam masyarakat. pendidikan Islam lebih menekan pada perubahan tingkah laku, dari yang buruk menuju yang baik, dari yang minimal menuju yang maksimal, dari yang potensial menjadi aktual, dari yang pasif menuju yang aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses perubahan tingkah laku sesuai dengan ajaran Islam yang dilakukan melalui pembiasaan, bimbingan untuk membentuk kepribadian muslim pada diri seseorang guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup di dunia dan di akhirat.

Tujuan pendidikan islam

Tujuan adalah standar usaha yang dapat ditentukan, serta mengarahkan usaha yang akan dilalui dan merupakan titik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain. Di samping itu tujuan dapat membatasi ruang gerak usaha, agar kegiatan dapat terfokus pada apa yang dicita-citakan, dan yang terpenting adalah dapat memberi penilaian atau evaluasi pada usaha-usaha pendidikan. Menurut pandangan Islam, tujuan pendidikan islam yaitu mengarahkan manusia agar menggunakan kecerdasan yang di miliki untuk membangun sebuah peradaban yang lebih matang, bukan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Adapun tujuan utama pendidikan Islam yaitu terbentuknya pribadi yang beriman yang senantiasa siap sedia mengabdi kepada Allah SWT.
Rating: 4.5