http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 28 Juli 2015

Pengertian Dan Hasil Tawakal

Pengertian dan hasil tawakal – Kita sebagai orang muslim pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata tawakal. Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering kali mendengar kata tawakal baik itu di lingkungan sekolah, di lingkungan kantor, maupun dilingkungan sekitar tempat tinggal kita. Jika kita sudah sering mendengar kata tawakal, lalu sudah kah anda mengerti arti atau pengertian dari kata tawakal itu sendiri? Jika anda belum mengerti arti atau pengertian tawakal, anda harus baca dan simak artikel satu ini agar anda dapat mengetahui arti atau pengertian dari tawakal dan juga mengetahui hasil dari pada tawakal.

Pengertian tawakal

Pada sedikit uraian diatas telah dikatakan bahwa kata tawakal seringkali kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Namun tidak menutup kemungkinan jika salah satu diantara kita masih ada yang belum tahu pengertian tawakal itu sendiri meskipun sudah terlalu sering mendengarnya, untuk itu saya akan menjelaskan tentang pengertian tawakal dan juga hasil dari kita berbuat tawakal.

Tawakal pada dasarnya berasal dari kata tawakkala dari bahasa arab yang memiliki arti mempercayakan, menyerahkan dan juga mewakilkan semua urusan kepada Allah. Jadi dapat diartikan jika seorang yang melakukan tawakal itu
merupakan seseorang yang telah menyerahkan dan juga mempercayakan atau mewakilkan semua urusan yang sedang dihadapi kepada Allah SWT.

Tawakal juga merupakan sebuah amalan dan juga ubudiyah atau penghambaan hati dengan cara menyandarkan segala sesuatu urusannya hanya kepada Allah, dan percaya kepada Nya, serta berlindung hanya pada Allah SWT untuk mendapatkan ridha atas segala sesuatu yang sedang menimpa dirinya. Hal tersebut berangkat dari adanya suatu keyakinan bahwa Allah akan senantiasa memberikan segala sesuatu baginya dengan tetap menjalankan berbagai hukum causalitas dan juga usaha keras untuk memperolehnya. Tawakal adalah hanya aktivitas di hati, namun ia berhubungan antara hati dengan usaha manusia untuk mencapai sesuatu hasil. Di lain sisi, tawakal berhubungan dengan persepsi dan keyakinan seseorang terhadap usahanya dan siapa penentu keberhasilannya.

Hasil tawakal

Pada penjelasan diatas telah di sebutkan pengertian tawakal. Pengertian tawakal menurut uraian diatas adalah menyerahkan segala suatu urusan hanya kepada Allah SWT. Allah SWT telah menjanjikan segala sesuatu kebaikan ketika hamba Nya melakukan tawakal atau disebut juga hasil tawakal. Hasil tawakal merupakan sebuah balasan yang diberikan oleh Allah SWT pada saat kita telah bertawakal. Hasil dari tawakal itu sendiri ada berbagai macam, salah satu hasil dari tawakal yang dijanjikan oleh Allah kepada hambanya adalah berupa kemaslahatan, kemaslahatan itu sendiri merupakan sebuah kebaikan baik itu kemaslahatan yang akan diberikan di dunia maupun kemaslahatan yang akan diberikan di akhirat. Balasan atau hasil tersebut bisa berupa materi atau juga non materi semua balasan tersebut merupakan sebuah balasan yang paling baik menurut Allah SWT.
Rating: 4.5