http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 10 Juli 2015

Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya

Organ pencernaan manusia dan fungsinya – Anda mungkin sudah sering banget mendengar istilah pencernaan. Dan mungkin anda sudah banyak tahu tentang masalah pencernaan. Saat ini saya akan membahas tentang organ pencernaan manusia dan fungsinya. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang organ pencernaan manusia dan juga fungsinya, saya akan jelaskan lebih dahulu tentang pengertian pencernaan. Sebab bisa saja diantara orang disekeliling kita masih ada yang belum tahu tentang pengertian pencernaan.

Pengertian pencernaan adalah suatu proses untuk merubah partikel makanan yang besar menjadi partikel yang lebih kecil guna diserap oleh tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi sedangkan fungsi dari rgan pencernaan yang paling utama adalah untuk mencerna seluruh makanan dijadikan sebagai nitrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Saluran pencernaan makanan itu merupakan sebuah saluran yang akan menerima makanan dari luar dan dipersiapkan untuk menjadi sebuah nutrisi yang akan diserap oleh tubuh guna menghasilkan energi. Dalam kegiatan pencernaan tersusun atas beberapa organ organ yang terlibat dalam proses tersebut. Organ organ pencernaan pada manusia tersebut akan dijelaskan pada keterangan berikut ini.

Organ pencernaan manusia

Pencernaan yang terjadi didalam tubuh manusia itu terjadi melalui dua buah proses yaitu proses mekanik dan juga proses kimiawi. Pengertian dari proses mekanis adalah suatu proses pengunyahan yang dilakukan didalam mulut yang dibantu oleh gigi dan lidah serta suatu proses peremasan

yang dilakukan didalam lambung. Sedangkan pengertian dari proses kimiawi adalah suatu proses pelarutan dan juga pemecahan partikel makanan oleh enzim enzim yang dihasilkan oleh organ pencernaan untuk merubah partikel makanan yang besar menjadi partikel yang lebih kecil.

Organ pencernaan manusia terdiri atas mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, pankreas, dan juga alat pembuangan. Organ organ tersebut telah memiliki fungsi masing masing dalam kegiatan pencernaan. Organ pencernaan manusia dan fungsinya akan dijelaskan lebih detail pada keterangan dibawah ini.

Organ pencernaan manusia dan fungsinya

Pada keterangan diatas telah disebutkan macam macam organ pencernaan manusia. Sekarang kita bahas secara lebih detail mengenai organ pencernaan manusia dan fungsinya. Organ organ pencernaan yang terdapat dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut :
  • Mulut. Mulut merupakan tempat untuk memasukan makanan. Fungsi dari pada mulut adalah untuk mengunyah makanan yang masih besar menjadi sebuah makanan yang lebih kecil atau lebih halus. Proses pengunyahan yang terjadi didalam mulut dibantu oleh gigi dan juga lidah yang dapat menghasilkan cairan enzim berupa air liur untuk membantu memudahkan penghancuran
  • Tenggorokan. Tenggorokan adalah suatu jalan atau saluran untuk menyampaikan makanan yang telah lunak ke dalam kerongkongan 
  • Kerongkongan adalah saluran untuk menuju ke lambung 
  • Lambung adalah tempat untuk mencerna makanan dirubah menjadi nutrisi 
  • Usus adalah saluran untuk menyampaikan sari makanan ke aliran darah 
  • Trakhea adalah tempat untuk menampung limbah sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh 
  • Alat pembuangan adalah jalan untuk membuang limbah yang ada didalam tubuh
Rating: 4.5