http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 27 Juli 2015

Metode Tepat Belajar Membaca Al Qur’an

Metode tepat belajar membaca al Qur’an – Bagi orang muslim atau orang islam membaca Al Qur’an adalah hal yang wajib atau sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim atau orang islam untuk membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT, selain itu juga dapat menenangkan hati kita, sebab didalm Al Qur’an terdapat kalimat kalimat Allah yang dapat menenangkan hati hamba Nya yang senantiasa membacanya.

Jika diperhatikan dalam kehidupan sehari hari memang mayoritas penduduk Negara kita ini adalah orang muslim atau orang yang beragama islam, namun tidak menutup kemungkinan jika beberapa orang yang ada disekitar kita belum bisa membaca Al Qur’an, padahal membaca Al Qur’an adalah hal yang wajib bagi setiap muslim. Bagaimana jadinya jika orang yang beragama islam tapi tidak bisa membaca Al Qur’an? Tentunya hal ini sangatlah memalukan bukan? Namun, tidak ada salahnya jika anda ingin belajar membaca Al Qur’an karena tidak ada kata terlambat dalam istilah belajar terlebih dalam hal membaca Al Qur’an. Pada artikel ini saya akan berbagi metode yang tepat untuk belajar membaca Al Qur’an.

Belajar membaca Al Qur’an

Pada kegiatan belajar membaca Al Qur’an hal utama yang harus dimiliki adalah kemampuan. Kemampuan adalah suatu kesanggupan, kecakapan, kekuatan, yang dimiliki oleh diri kita untuk selalu berusaha dengan diri sendiri. Pada saat kita belajar membaca Al Qur’an pada taraf awal ada tingkatan tingkatan yang harus di ikuti. Tingkatan yang pertama adalah belajar untuk mengenal dan menghafal huruf huruf yang terdapat didalam Al Qur’an, huruf huruf tersebut dikenal dengan istilah huruf hijaiyah.

Pada saat kita sudah mengenal dan menghafal huruf huruf hijaiyah tersebut langkah selanjutnya adalah belajar untuk membaca. Agar kegiatan belajar membaca Al Qur’an tersebut dapat berjalan dengan lancar dan baik maka ada baiknya jika kita mencari guru atau orang yang sudah ahli dalam membaca Al Qur’an untuk mengajari atau membimbing kita. Pada saat belajar membaca Al Qur’an hal penting yang harus diketahui delain mengenal huruf adalah mengetahui tajwid dan hukum bacaan tersebut. Dalam kegiatan belajar membaca Al Qur’an dibutuhkan adanya metode yang tepat agar hasilnya cepat tercapai. Berikut akan saya paparkan beberapa metode yang tepat untuk kegiatan belajar membaca Al Qur’an.

Metode tepat belajar Al Qur’an

Pada saat belajar Al Qur’an ada beberapa metode yang tepat yang dapat digunakan untuk belajar membaca Al Qur’an. Salah satu metode tepat belajar Al Qur’an adalah dengan menggunakan Metode Drill atau metode training adalah suatu metode atau cara menyajikan pelajaran yang menekankan pada pengulangan secara lisan, tertulis, praktikum/latihan ketrampilan yang dilakukan dalam mencapai sasaran belajar. Metode ini tepat untuk digunakan dalam kegiatan belajar Al Qur’an dikarenakan dalam metode ini terdapat pengulangan secara terus menerus guna mencapai tujuan dari pada kegiatan belajar tersebut.
Rating: 4.5