http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 24 Juli 2015

Konsep Konsep Pendidikan Islam

Konsep konsep pendidikan islam - Konsep adalah ide umum yang tersusun rapi untuk diterapkan secara terencana dalam kehidupan nyata. Konsep sangat penting dalam pendidikan karena pendidikan tanpa adanya konsep maka pendidikan tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu pendidikan terutama pendidikan Islam harus mempunyai konsep yang mapan.

Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tak pernah bisa ditinggalkan. Pendidikan adalah transfer pengetahuan dan nilai. Pendidikan bertujuan untuk menyempurnakan kecerdasan-kecerdasan manusia yang secara potensi telah diberi oleh Allah SWT. Islam mengenal lembaga pendidikan atau pusat pendidikan sejak detik-detik awal diturunkannya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Guru agung yang pertama yaitu Nabi Muhammad SAW.

Pendidikan islam

Pendidikan Islam adalah usaha secara sadar yang dilakukan oleh orang dewasa muslim yang bertakwa untuk mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui ajaran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya.

Pendidikan Islam merupakan jalur strategis yang diharapkan dapat menyentuh seluruh aspek kehidupan. Karena pendidikan Islam merupakan media yang dapat mengantarkan umat Islam kedalam gerbang kemajuan. Dengan wawasan ilmu pengetahuan yang terintegrasi, setidaknya hal seperti itu dapat digunakan untuk membangun system pendidikan Islam, khususnya dalam merumuskan teori-teori pendidikan yang bersumber dari konsep-konsep pendidikan Islam.

Konsep konsep pendidikan islam

Pengertian dari konsep itu sendiri adalah ide umum yang tersusun rapi untuk diterapkan secara terencana dalam kehidupan nyata. Konsep sangat penting dalam pendidikan karena pendidikan tanpa adanya konsep maka pendidikan tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu pendidikan terutama pendidikan Islam harus mempunyai konsep yang mapan. Konsep konsep pendidikan Islam antara lain:

Tarbiyah - Tarbiyah diartikan sebagai proses yang terkait dengan aktivitas yang bersifat fisik (jasmani) yaitu memberi makan anak supaya dapat tumbuh, memelihara dan mengasuh anak. Tarbiyah lebih mengacu kepada segala sesuatu yang tumbuh.

Ta’lim - Ta’lim diartikan sebagai proses penanaman pengetahuan, pemahaman, pengertian tanggung jawab dan amanah, sehingga terjadi pembersihan diri dari segala kotoran dan menjadikan diri seseorang dalam kondisi yang siap untuk menerima hikmah serta mempelajari hal-hal yang belum diketahuinya dan berguna bagi dirinya.

Ta’dib - Ta’dib merupakan proses penyemaian dan penanaman adab dalam diri seseorang.

Konsep pendidikan Islam mencakup tiga hal yaitu Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib. Ketiga hal tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan dari pendidikan Islam. Konsep pendidikan Islam yang paling tepat menurut para ahli pendidikan islam adalah konsep Ta’dib. Konsep pendidikan yang dirumuskan oleh Islam pada dasarnya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi manusia secara menyeluruh. Islam mengklasifikasi ilmu ke dalam beberapa bidang disiplin yang mana jiwa dari hal itu adalah bersinarnya kecerdasan sosial dari diri manusia yang berujung pada tingginya kualitas budi pekerti dan akhlak.
Rating: 4.5