http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 05 Juli 2015

Klasifikasi Hewan Invertebrate Dan Vertebrata Gajah

Klasifikasi hewan invertebrate dan vertebrata gajah – Bicara masalah makhluk hidup memang ada banyak sekali jenisnya, salah satu jenis nya adalah hewan. Hewan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang akan di bahas dalam postingan kali ini. Hewan atau binatang merupakan bagian dari organism yang hidup di dunia ini. Organism dama dengan jenis makhluk hidup. Hewan di kelompokan dalam kerajaan animalia atau disebut juga dengan metazoa. Sebutan lain buat hewan atau binatang adalah margasatwa atau biasa disebut dengan istilah satwa saja dan ada lagi sebutan lain untuk hewan yaitu fauna.

Sama seperti dengan nama sebutannya yang begitu banyak, hewan juga memiliki jenis yang begitu banyak juga diantaranya adalah hewan invertebrate dan juga hewan vertebrata, nah kedua jenis hewan tersebut lah yang akan menjadi pembahasan saya saat ini. Khususnya membahas tentang klasifikasi hewan invertebrate dan juga klasifikasi hewan vertebrata gajah.

Seluruh hewan yang ada di alam semesta ini diklasifikasikan berdasarkan jenis nya masing masing. Klasifikasi yang dilakukan pada jenis hewan ini bertujuan untuk mempermudah kegiatan manusia didalam mempelajari ilmu tentang hewan. Klasifikasi tersebut dilakukan berdasarkan pada system klasifikasi yang telah di setujui oleh internasional.

Klasifikasi hewan invertebrate

Hewan invertebrate adalah jenis hewan yang tidak memiliki tulang punggung di dalam tubuhnya. Jadi semua jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang pada tubuhnya dapat dimasukan ke dalam jenis hewan invertebrate. Hewan invertebrate ada banyak sekali jenisnya seperti semua jjenis hewan serangga termasuk dalam jenis hewan invertebrate.

Semua jenis cacing juga masuk dalam jenis hewan invertebrate. Namun di sini saya tidak akan membahas tentang pengertian dan juga contoh dari hewan invertebrate melainkan saya akan membahas tentang klasifikasi hewan invertebrate. Jadi untuk sementara kita tinggalkan dahulu sejenak tentang pengertian dan juga contoh contoh dari hewan invertebrate. Kita fokuskan pembahasan kali ini pada klasifikasi hewan invertebrate nya saja.

Klasifikasi hewan invertebrate atau hewan yang tidak bertulang belakang ini masuk dalam jenis hewan yang memiliki sel satu dan melakukan pemusatan aktivitasnya pada semua set yang ada didalam tubuh, sel sel yang berada didalam tubuh hewan invertebrate ini mengalami sebuah pembentukan jaringan yang digunakan untuk melakukan berbagai fungsi dari organ tubuh yang kompleks.

Klasifikasi hewan vertebrata gajah

Hewan vertebrata adalah hewan yang diklasifikasikan berdasarkan atas dilihat ada tidak nya tulang belakang di dalam tubuhnya. Hewan vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang dalam tubuhnya. Gajah adalah salah satu contoh hewan vertebrata, namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini bukan membahas tentang pengertian dan juga contohnya, namun akan membahas tentang klasifikasi hewan vertebrata gajah. Berikut adalah klasifikasi hewan gajah secara lebih rinci :

Kerajaan : masuk dalam animalia

Filum : masuk dalam chordate

Upafilum : masuk dalam vertebrata

Kelas : masuk dalam mamalia

Superordo : masuk dalam afrotheria

Ordo : masuk dalam proboscidea

Famili : masuk dalam elephantidae
Rating: 4.5