http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 06 Juli 2015

Kelainan Sistem Ekskresi


Kelainan sistem ekskresi – sudah tahukah anda apa itu eksresi? Jika anda belum tahu, yuk sama sama kita belajar tentang sistem ekskresi khususnya tentang kelainan sistem ekskresi. Jika anda sudah tahu banyak tentang pencernaan makanan, maka anda tidak akan mengalami kesulitan saat belajar tentang sistem ekskresi. Pada dasarnya zat zat dari makanan yang dimasukan ke dalam tubuh manusia itu akan dirubah menjadi sebuah energy guna menjaga kelangsungan hidupnya. Proses perubahan makanan menjadi sebuah energy itulah disebut dengan istilah pencernaan.

Proses dari pada pencernaan itu sendiri merupakan proses untuk merubaha partikel makanan menjadi sari makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Nah, sari sari makanan itulah yang akan dibakar dan akan menghasilkan sebuah energy. Namun, tidak semua makanan yang kita makan akan dirubah menjadi sebuah energy, akan tetapi ada dari makanan makanan tersebut akan terdapat sisa makanan yang tidak dapat utnuk dicerna dengan baik. Sisa makanan tersebut disebut limbah atau sampah.

Limbah atau sampah yang telah dihasilkan itu berbentuk zat dari sisa metabolism. Zat tersebut akan ditampung didalam pankreas sebelum dikeluarkan melalui alat pembuangan. Zat zat ini akan dibuang atau dikeluarkan karena ini merupakan sampah yang sudah tidak digunakan lagi dalam tubuh. Adapun proses pembuangan limbah atau sampah ini disebut dengan istilah ekskresi. Jadi sekarang anda sudah tahu bukan
apa itu ekskresi. Ada beberapa kelain terhadap sistem ekskresi dan kelainan tersebut akan dijelaskan dibawah ini.
Sistem ekskresi

Sistem ekskresi adalah proses pembuangan limbah atau sampah dari sisa sisa sari makanan yang telah ditampung didalam pankreas karena sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Sisa sisa makanan ini harus dikeluarkan dari dalam tubuh, sebelum sisa sisa ini mengalami pembususkan. Namun, tahukah anda tidak semua orang dapat melakukan ekskresi dengan lancar setiap harinya.

Apabila anda menemui orang yang mengalami ketidal lancaran dalam pembuangan atau ekskresi maka dapat dinyatakan bahwa orang tersebut telah mengalami kelainan sistem ekskresi. Ada beberapa penyebab yang menjadikan manusia mengalami kelainan pada sistem eksresi. Dan hal tersebut harus segera diatasi, karena jika tidak segera diatas orang yang mengalami kelainan sistem ekskresi tersebut akan mengidap penyakit yang cukup berbahaya, karena samapah sampah yang ada didalam tubuh tidak dapat keluar secara lancer dan akan membusuk idalam tubuh. Permasalahan mengenai kelainan sistem ekskresi tersebut akan dijelaskan dibawah.

Kelainan sistem ekskresi


Kelainan sistem ekskresi dapat menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah penyakit kuning atau penyakit hati. Hati yang bertugas sebagai alat ekskresi jika, hati sesorang mengalami kelainan dalam sistem ekskresinya, maka orang tersebut akan mengalami penyakit berbahaya. Salah satu contohnya adalah penyakit kuning. Penyakit ini ditandai dengan perubahan warna kulit yang akan berubah menjadi pucat, selain kulit, kuku pada penderita penyakit kuning juga akan mengalami kepucatan, selain itu akan mengalami pembengkakan pada bagian atas perut.
Rating: 4.5