http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 21 Juli 2015

Fungsi Usus Halus, Kecil Dan Kosong

Fungsi usus halus, kecil dan kosong – Kita semua telah mengetahui bahwa tubuh manusia tersusun atas beberapa organ penting. Salah satunya adalah usus. Manusia tersusun atas beberapa usus didalamnya. Usus itu membantu manusia dalam segala hal contohnya dalam kegiatan pencernaan. Dengan adanya pengetahuan seperti itu pastinya anda sudah mengetahui bukan betapa pentingnya usus usus yang terdapat didalam tubuh manusia itu.

Usus usus yang terdapat didalam tubuh manusia diantaranya adalah usus halus, usus kecil dan juga usus kosong. Anda pasti sudah mengetahui dan sudah faham betul bahwasannya setiap organ yang terdapat didalam tubuh manusia itu memiliki fungsi dan tugas masing masing untuk kelangsungan hidupnya, begitu pula dengan usus. Usus usus yang saya sebutkan diatas tadi juga memiliki fungsi bagi tubuh manusia. Dan fungsi dari usus usus yang telah saya sebutkan tadi tidak kalah penting dengan organ organ yang lainnya. Agar kita dapat mengetahui dengan jelas tentang fungsi usus halus, fungsi usus kecil dan juga fungsi usus kosong, maka lebih baik kita pelajari bersama penjelasan yang ada di bagian bawah ini.

Fungsi usus halus

Saya akan membahas tentang pengertian usus halus terlebih dahulu sebelum saya menjelaskan tentang fungsi usus halus. Pengertian dari usus halus adalah suatu bagian dari organ saluran sistem pencernaan yang terdapat di tengah tengah lambung dan juga usus besar. Usus halus ini tersusun atas tiga buah bagian yang terdiri atas usus dua belas jari atau disebut usus duodenum, usus kosong atau disebut usus jejunum dan yang terakhir adalah usus penyerapan atau disebut ileum.

Permukaan dari usus halus berjontot sehingga hal ini akan terlihat menyerupai sebuah lekukan lekukan. Hal seperti ini dapat menyebabkan permukaan usus bisa menjadi lebih luas. Fungsi usus halus adalah membantu proses pencernaan yaitu untuk mengantarkan sari makanan yang sudah dicerna oleh lambung ke seluruh tubuh melalui aliran darah.
Fungsi usus kecil dan kosong

Fungsi usus kecil dan kosong. Salah satu diantara usus kecil adalah usus kosong atau yang lebih dikenal sebagai usus jejunum. Usus jejunum atau usus kosong adalah salah satu bagian dari usus halus atau disebut juga dengan istilah usus kecil. Jejunum atau usus kosong ini merupakan bagian yang nomor dua dari jenis usus kecil.

Fungsi dari usus kosong atau usus jejunum yang temasuk dalam bagian jenis usus halus adalah untuk menyerap segala nutrisi yang meliputi protein, asam amino, asam lemak, karbohidrat, vitamin air, elektrolit dan juga mineral yang di hasilkan dari proses pencernaan untuk disalurkan ke seluruh bagian anggota tubuh yang membutuhkan. Pada usus kosong atau jejunum terdapat selaput lendir yang ada di bagian permukaan pada bagian yang dalam dan ditutupi oleh rambut yang menyerupai sebuah proyeksi yang disebut dengan vili.
Rating: 4.5