http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 08 Juli 2015

Fungsi Tenggorokan Dan Usus

Fungsi tenggorokan dan usus – Saat ini kita masih akan mengkaji masalah tentang pencernaan. Sudah tahukah anda apa itu pencernaan? Pencernaan adalah proses untuk merubah makanan dari zat atau partikel yang kasar dirubah menjadi zat yang halus untuk menghasilkan energi guna mempertahankan kelangsungan hidup. Proses pencernaan itu sendiri membutuhkan organ organ tertentu seperti mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, pankreas, dan alat pembuangan. Organ organ tersebut disebut anatomi sistem pencernaan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas organ tenggorokan dan juga usus. Khususnya tentang fungsinya yaitu fungsi tenggorokan dan juga fungsi usus. Sudah tahukah anda apa itu fungsi dari pada tenggorokan yang ada di tubuh anda? Dan apa fungsi usus yang terdapat dalam tubuh anda? Organ tenggorokan dan juga organ usus yang terdapat didalam tubuh anda memiliki fungsi masing masing dalam proses pencernaan. Fungsi dari masing masing tersebut akan saya jelaskan pada uraian yang ada di bawah.

Fungsi tenggorokan

Fungsi tenggorokan yang utama adalah untuk mengantarkan makanan yang sudah dihancurkan oleh mulut ke dalam kerongkongan. Dalam kondisi seperti ini tenggorokan memiliki peran yang sangatlah penting, karena tenggorokan yang akan memastikan bahwa makanan yang telah hancur telah sampai ke organ selanjutnya yaitu
  • Kerongkongan.
Ditinjau secara anatomis bahwa tenggorokan pada manusia itu merupakan bagian dari tubuh diantara mulut, hidung, kerongkongan, dan juga trachea akan bertemu disatu titik yaitu tenggorokan yang terdapat didalam leher. Tenggorokan sangat membantu dalam proses pencernaan dan juga pernafasan sebab ada kemungkinan jika makanan dan juga udara dapat melewatinya. Selama dalam kondisi pencernaan maka tenggorokan tidak akan mencerna makanan baik secara kimia maupun secara mekanis. Selain tenggorokan usus juga memiliki fungsi penting pada saat pencernaan. Fungsi usus akan saya jelaskan dibawah ini.
  • Fungsi usus
Pada penjelasan diatas, telah dijelaskan secara jelas bahwa fungsi tenggorokan adalah untuk mengantarkan makanan yang telah dihancurkan oleh mulut menjuju kerongkongan. Saat ini saya akan menjelaskan tentang fungsi usus. Usus merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan. Usus dalam sistem pencernaan itu sendiri terdiri atas usus halus dan juga usus besar.

Usus besar atau yang disebut dengan istilah kolon terdapat antara usus rectum dan juga usus buntu. Fungsi usus besar yang paling utama adalah untuk menyerap air yang terdapat pada feses. Adapun fungsi usus besar yang lainnya adalah sebagai berikut :

Fungsi usus besar adalah sebagai tempat untuk menyimpan dan juga mengeliminasi sisa sisa makan yang sudah tidak dapat dicerna oleh lambung

Fungsi usus besar adalah untuk menjaga tingkat keseimbangan dari cairan dan juga elektrolit. Caranya adalah dengan menyerap air

Fungsi usus besar adalah untuk mendegradasi semua bakteri yang ada pada tubuh.
Rating: 4.5