http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 14 Juli 2015

Fungsi Sistem Pencernaan Pada Manusia

Fungsi sistem pencernaan pada manusia – Saat ini saya masih akan mengkaji masalah biologi. Jika kita mengkaji masalah biologi sudah menjadi barang pasti jika kita akan membahas tentang makhluk hidup dan salah satu jenis makhluk hidup adalah manusia. Setiap makhluk hidup baik manusia maupun hewan butuh yang namanya makan guna menjaga kelangsungan hidup. Makan adalah suatu usaha untuk mendapatkan energi.

Makanan yang dimakan oleh makhluk hidup akan diproses sedemikian rupa hingga berubah menjadi suatu gizi ataupun nutrisi yang diperlukan tubuh makhluk hidup. Proses perubahan tersebut disebut dengan istilah pencernaan. Agar proses pencernaan dapat berjalan dengan lancer maka dibutuhkan beberapa organ lain yang termasuk dalam saluran sistem pencernaan. Karena disini yang saya bahas adalah manusia maka organ yang termasuk dalam sistem pencernaan manusia itu sendiri adalah mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pankreas, dan juga saluran pembuangan. Prosesnya itu sendiri dimulai dari mulut dan akan diakhiri pada organ yang terakhir yaitu saluran pembuangan yang bertugas untuk membuang limbah atau sampah yang berasal dari sisa makanan yang tidak bisa dicerna didalam lambung.

Fungsi sistem pencernaan

Fungsi sistem pencernaan itu sendiri ada beberapa macam khususnya fungsi pencernaan pada manusia. Akan tetapi akan jauh lebih baik jika sebelum kita belajar lebih
dalam tentang fungsi sistem pencernaan, kita belajar dulu tentang pengertian sistem pencernaan. Dengan mengetahui pengertian siste pencernaan akan memberikan sedikit gambaran kepada anda sehingga akan memudahkan anda untuk menyebutkan fungsi dari sistem pencernaan tersebut.

Sistem pencernaan terjadi dengan diawali dari mulut dan diakhiri pada saluran pembuangan. Sistem pencernaan itu sendiri adalah suatu proses untuk merubah partikel makanan yang masih besar atau kasar kemudian dirubah menjadi suatu nutrisi maupun gizi yang diperlukan tubuh. Sistem pencernaan yang terjadi pada manusia meliputi sistem pencernaan mekanik dan juga sistem pencernaan kimiawi yaitu sistem pencernaan yang menggunakan bantuan gigi dan juga sistem pencernaan yang menggunakan bantuan cairan enzim. Cairan enzim yang digunakan untuk membantu proses pencernaan ini di hasilkan oleh organ pencernaan.

Fungsi sistem pencernaan pada manusia

Pada penjelasan tentang pengertian sistem pencernaan tersebut diatas, dapat disimpulkan tentang fungsi sistem pencernaan pada manusia. Adapun fungsi fungsi tersebut meliputi :
sistem pencernaan pada manusia memiliki fungsi sebagai alat penerima makanan
sistem pencernaan pada manusia memiliki fungsi sebagai alat untuk memecahkan partikel makanan yang besar dan diolah menjadi partikel yang kecil sebagai nutrisi maupun gizi
sistem pencernaan pada manusia memiliki fungsi guna menyerap gizi ataupun nutrisi yang sudah dihasilkan dalam proses pencernaan sistem pencernaan pada manusia berfungsi sebagai alat untuk membuang semua sampah atau sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh lambung
Rating: 4.5