http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 05 Juli 2015

Fungsi Organ Pencernaan Manusia

Fungsi organ pencernaan manusia – Salah satu cara makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya adalah dengan cara makan, khususnya manusia. Saat ini saya juga akan membahas sesuatu yang tidak jauh kaitannya dengan makan yaitu tentang fungsi organ pencernaan manusia. Manusia makan untuk mendapatkan energy yang dapat digunakan atau dipakai untuk mempertahankan hidupnya. Namun tahukah anda? Bahwa setiap makanan yang anda makan itu membutuhkan beberapa proses untuk dapat dijadikan sebagai energy.

Proses perubahan tersebutlah yang lebih dikenal dengan istilah pencernaan. Pencernaan adalah proses untuk merubah partikel makanan yang ukurannya besar untuk dirubah menjadi partikel yang ukurannya kecil sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh untuk dirubah menjadi zat yang dibutuhkan tubuh untuk dijadikan sebagai energy. Manusia memiliki beberapa organ pencernaan, dan organ organ tersebut memiliki fungsi masing. Adapun fungsi organ pencernaan manusia akan saya paparkan secara lebih jelas diuraian yang ada dibawah ini.

Fungsi organ pencernaan

Fungsi organ pencernaan itu adalah untuk merubah makanan dari yang tadinya bentuknya besar dirubah menjadi bentuk yang lebih kecil untuk dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Organ pencernaan pada manusia ada beberapa, diantaranya adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus, pankreas dan juga alat pembuangan.

Organ organ pencernaan tersebut yang terdapat didalam tubuh manusia, memiliki fungsi masing masing dalam proses mencerna makanan. Pencernaan makanan pada manusi itu dimulai dari mulut dan akan diakhiri pada alat pembuangan. Pencernaan pada manusia dimulai dengan mengunyah atau memecahkan partikel menjadi lebih lembut yang dibantu oleh gigi dan enzim air liur dan diakhiri dengan pembuangan sampah atau sisa sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh melalui alat pembuangan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai fungsi organ pencernaan manusia tersebut akan dijelaskan pada uraian yang ada dibawah ini.

Fungsi organ pencernaan manusia

Pada penjelasan diatas telah disebutkan organ organ pencernaan yang terdapat dalam tubuh manusia. Dan telah dijelaskan pula bahwa setiap organ tersebut memiliki fungsi masing masing dalam proses pencernaan. Berikut adalah penjelasan lebih dalam mengenai fungsi organ pencernaan manusia:
  • Organ mulut. Orgam mulut memiliki fungsi untuk mengunyah makanan yang masih terlalu besar sehingga akan sulit untuk dicerna oleh tubuh. Mulut berfungsi untuk merubah makanan menjadi partikel yang kecil. Mulut memecahkan makanan dibantu oleh gigi dan juga cairan enzim berupa air liur
  • Organ tenggorokan berfungsi untuk mengantarkan makanan dari mulut menuju kerongkongan 
  • Organ kerongkongan berfungsi untuk mengantarkan makanan menuju ke lambung menggunakan gerak peristaltic 
  • Organ lambung berfungsi untuk merubah makanan menjadi lebih lembut lagi seperti bubuur sehingga akan lebih mudah diproses. 
  • Organ usus kecil berfungsi untuk mencampur cairan empedu dengan chime 
  • Organ usus besar berfungsi untuk proses pembusukan sisa dari makanan yang tidak dapat untuk dicerna oleh lambung untuk disimpan dipankreas 
  • Pancreas berfungsi untuk menyimpan sisa sampah makanan sebelum dikeluarkan lewat alat pembuangan 
  • Alat pembuangan berfungsi untuk mengeluarkan sisa sampah yang telah ditampung didalam pankreas
Rating: 4.5