http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 17 Juli 2015

Fungsi Kerongkongan Pada Ikan Dan Manusia

Fungsi kerongkongan pada ikan dan manusia – Manusia dan juga ikan adalah bagian dari makhluk hidup yang ada di dunia ini. Ikan dan juga manusia sama sama membutuhkan makan sebagai sumber energi untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Dari semua jenis makanan yang dimakan baik oleh ikan maupun oleh manusia itu sama sama akan diproses, dan proses makanan tersebut dikenal dengan istilah proses pencernaan.

Proses pencernaan merupakan suatu proses merubah makanan dari yang bersifat kompleks menjadi bersifat sederhana guna menghasilkan nutrisi sebagai sumber energi. Saya telah banyak membahas mengenai masalah pencernaan, baik itu pencernaan pada hewan maupun pada manusia. Jika anda sudah banyak memahami masalah pencernaan pastinya anda sudah tahu mengenai organ organ yang termasuk dalam saluran sistem pencernaan.

Salah satu organ yang termasuk dalam saluran sistem pencernaan adalah kerongkongan. Jika anda sudah banyak tahu tentang masalah pencernaan pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kata kerongkongan. Topik pembahasan saya saat ini memiliki hubungan dengan kerongkongan yaitu tentang fungsi kerongkongan, khususnya tentang fungsi kerongkongan pada ikan dan juga fungsi kerongkongan pada manusia.

Fungsi kerongkongan pada ikan

Pada ulasan diatas jelas dikatakan bahwa salah satu organ yang termasuk dalam
saluran sistem pencernaan adalah kerongkongan. Kerongkongan terdapat pada tubuh manusia maupun ikan. Sebelum saya bahas mengenai fungsi kerongkongan pada manusia, saya bahas dulu tentang fungsi kerongkongan pada ikan. Kita semua telah mengetahui bahwa saluran pencernaan yang terdapat dalam tubuh ikan itu sendiri terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dan juga anus.

Masing masing saluran tersebut memiliki fungsi masing masing. Saya tidak akan membahas semua fungsi saluran pencernaan yang terdapat pada ikan, namun saya hanya akan membahas tentang fungsi kerongkongan yang terdapat dalam tubuh ikan. Kerongkongan disebut juga dengan esophagus yaitu suatu saluran yang terdapat didalam tubuh berbentuk menyerupai pipa yang berguna untuk membantu proses penelanan makanan. Fungsi kerongkongan pada ikan adalah untuk membantu menyerap garam lewat difusi pasif yang dapat menyebabkan konsentrasi garam pada air laut yang telah diminum ikan menjadi mengalami penurunan kadar pada saat sudah ada di dalam lambung dan juga usus.

Fungsi kerongkongan pada manusia

Kerongkongan bukan hanya terdapat didalam tubuh manusia, tetapi juga terdapat pada ikan. Jika diatas sudah dijelaskan tentang fungsi kerongkongan pada ikan sekarang saya bahas tentang fungsi kerongkongan pada manusia. Saya telah katakan diatas bahwa kerongkongan adalah salah satu saluran yang terdapat pada sistem pencernaan. Fungsi kerongkongan pada manusia yaitu untuk menyalurkan makanan yang telah diproses di dalam mulut yaitu berupa pemecahan partikel untuk disalurkan ke dalam lambung untuk diproses selanjutnya atau untuk dirubah menjadi suatu partikel yang bersifat sederhana.
Rating: 4.5