http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 18 Juli 2015

Fungsi Alat Pencernaan, Empedu Dan Enterokinase

Fungsi alat pencernaan empedu dan enterokinase – Bicara mengenai pencernaan didalamnya pasti melibat organ organ yang termasuk dalam saluran sistem pencernaan baik yang bagian dalam maupun bagian luar. Yang termasuk dalam saluran bagian luar sistem pencernaan adalah hati. Hati merupakan saluran sistem pencernaan bagian luar. Hati dapat menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu tersebut yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini khususnya tentang fungsi alat pencernaan fungsi empedu, dan juga fungsi enterokinase.

Anda semua mungkin sudah banyak yang telah mengetahui organ organ yang termasuk saluran sistem pencernaan. Namun, sudah tahukah anda tentang fungsinya? Dan tahukah anda tentang fungsi empedu, dan juga fungsi enterokinase? Anda harus membaca dan menyimak artikel satu ini, dengan anda membaca dan juga menyimak artikel yang satu ini, maka anda akan mengetahui tentang fungsi alat pencernaan empedu dan enterokinase. Sebab disini dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang permasalahan tersebut.

Fungsi alat pencernaan

Pada proses pencernaan manusia terdapat saluran sistem pencernaan yang meliputi mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pankreas dan juga anus. Masing masing organ tersebut memiliki fungsi, berikut adalah penjelasan tentang fungsi alat pencernaan :

  • mulut fungsinya untuk memasukan makanan
  • tenggorokan fungsinya untuk menyalurkan makanan dari mulut ke kerongkongan
  • kerongkongan fungsinya untuk menyalurkan makanan ke dalam lambung 
  • lambung fungsinya untuk memproses lebih lanjut makanan dari dalam mulut 
  • usus halus fungsinya untuk menyalurkan nutrisi yang dihasilkan dari pencernaan 
  • usus besar fungsinya untuk menyalurkan sisa makanan atau sampah pada pankreas 
  • pankreas fungsinya untuk menambung sampah 
  • anus fungsinya untuk mengeluarkan sampah dari dalam tubuh yang sudah ditampung didalam pankreas 

fungsi empedu dan enterokinase

Pada keterangan diatas telah dibahas tentang fungsi alat pencernaan, saat ini saya bahas fungsi empedu dan enterokinase. Sebelum dibahas tentang fungsinya, kita bahas tentang pengertiannya terlebih dahulu. empedu adalah suatu cairan yang memiliki sifat basa dan memiliki rasa pahit serta warna hijau semu kekuning kuningan hal ini disebabkan karena adanya kandungan pigmen bilirubin, urobilin, dan juga biliverdin yang telah disekresikan oleh bagian hepatosit hati.

Fungsi empedu adalah membantu proses pembuangan limbah atau sampah yang terdapat didalam tubuh dan yang paling utama adalah pigmen dari hasil pemecahan sel darah dan juga adanya kelebihan kolesterol dan juga membantu proses penyerapan lemak yang ada didalam tubuh. Adapun fungsi enterokinase adalah untuk membantu mengaktifkan erepsinogen berubah menjadi erepsin sehingga akan mengaktifkan suatu tripsinogen berubah menjadi tripsin dan dirubah menjadi pepton kemudian dirubah lagi menjadi zat asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan.
Rating: 4.5