http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 16 Juli 2015

Enzim Dalam Pencernaan Manusia Pada Mulut Dan Usus Halus

Enzim dalam pencernaan manusia pada mulut dan usus halus – Dalam tubuh setiap jenis makhluk hidup yang mengkonsumsi makanan pasti terjadi yang namanya proses pencernaan makanan. Baik itu pada manusia maupun pada makhluk hidup yang lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan bahas tentang masalah pencernaan pada manusia khususnya yang berkaitan dengan enzim dalam pencernaan manusia yaitu enzim yang terdapat pada mulut manusia dan juga enzim yang terdapat pada usus halus dalam tubuh manusia.

Kita semua telah tahu bahwa pengertian dari sistem pencernaan itu adalah suatu proses perubahan zat makanan dari yang tadinya masih kasar dirubah menjadi suatu zat yang lembut yang berbentuk gizi atau juga berbentuk nutrisi sebagai zat yang dibutuhkan tubuh. Kita semua sudah sama sama mengetahui bahwasannya sistem pencernaan yang terjadi pada manusia itu dimulai dari mulut dan akan diakhiri pada anus atau saluran pembuangan.

Tahukah anda jika dalam organ sistem pencernaan manusia itu dapat menghasilkan cairan enzim? Cairan enzim tersebut juga turut andil dalam kegiatan pencernaan yang terjadi didalam tubuh manusia. Bagian organ apa saja kah yang dapat menghasilkan cairan enzim itu? diantara organ saluran pencernaan pada manusia yang dapat menghasilkan cairan enzim adalah bagian mulut dan juga usus halus. Semua akan saya paparkan pada keterangan berikut ini.
Enzim dalam mulut

Kita semua sudah mengetahui bahwa
proses pencernaan pertama kali pada manusia akan dilakukan di dalam mulut. Yaitu proses untuk memecahkan atau menghasluskan makanan yang masih terlalu besar atau terlalu kasar. Mulut merupakan rongga yang terbuka dan merupakan suatu tempat untuk jalan masuknya makanan dan juga minuman sebelum masuk ke organ pencernaan yang selanjutnya.

Pada umumnya mulut terletak dibagian wajah depan. Pada mulut terdapat dua organ yang membantu proses pencernaan yaitu gigi dan juga lidah. Saat ini yang kita bahas adalah masalah enzim dalam mulut. Enzim itu sendiri adalah cairan yang dihasilkan dari organ sistem pencernaan yang berfungsi untuk membantu proses pemecahan makanan. Enzim yang dihasilkan dari organ saluran pencernaan mulut itu sendiri disebut dengan enzim ptialin. Enzim dalam mulut ini atau enzim ptialin berfungsi untuk membantu proses perubahan zat amilum menjadi zat maltosa.
Enzim dalam usus halus

Salah satu organ pencernaan yang dapat menghasilkan enzim adalah mulut, seperti yang telah dijelaskan diatas. Namun, selain mulut ada lagi organ sistem pencernaan lain yang dapat menghasilkan enzim yaitu usus halus. Usus halus itu sendiri merupakan salah satu bagian saluran pencernaan yang berada diantara lambung dan juga usus besar.

Usus halus itu sendiri terdiri atas tiga jenis yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan juga usus ileum. Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa selain mulut usus halus juga dapat mengahasilkan enzim yang turut membantu proses pencernaan. Adapun enzim dalam usus halus itu sendiri disebut dengan enzim sukrase. Enzim yang dihasilkan oleh usus halus atau enzim sukrase ini berfungsi untuk membantu menguraikan zat sukrosa untuk dirubah menjadi glukosa dan juga fruktosa.
Rating: 4.5