http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 01 Juli 2015

Contoh Teks Deskriptif Bahasa Indonesia

Contoh teks deskriptif bahasa Indonesia – Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yaitu bahasa yang menyatukan semua warga Indonesia. Ilmu bahasa Indonesia adalah ilmu yang harus dipelajari oleh setiap warga Negara Indonesia. Salah satu topik yang sering kali dipelajari dalam ilmu bahasa Indonesia adalah masalah teks deskriptif atau teks deskriptif. Sudah tahukah anda apa itu yang dimaksud dengan teks deskriptif?

Teks deskriptif atau paragraph deskriptif adalah sebuah teks atau paragraph yang berisi tentang suatu gambaran atau lukisan dari sebuah benda yang sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian kalimat. Jadi paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat yang menceritakan tentang sifat dari benda yang sedang diceritakan, paragraph tersebut dapat menggambarkan dari benda tersebut sehingga mambuat pembacanya seolah olah melihat secara langsung benda yang diceritakan tersebut.

Dari penjelasan tersebut diatas, apakah anda sudah bisa untuk membuat contoh teks deskriptif sendiri? Khususnya contoh teks deskriptif bahasa Indonesia, karena kita adalah bagian dari warga Indonesia. Jika anda belum bisa membuat contoh teks deskriptif sendiri, anda bisa membaca contoh teks deskriptif bahasa Indonesia yang ada dibawah ini.

Contoh teks deskriptif

Teks deskriptif memiliki tujuan tersendiri, tujuan dari teks deskriptif adalah supaya orang yang membaca nya dapat seolah olah melihat sendiri benda yang diceritkan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri memakai pola yang subjektif namun hal ini jika si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut. Paragraph deskriptif memiliki ciri ciri. Adapun cri ciri dari paragraph deskriptif tersebut adalah :

  • Paragraph berisikan tentang gamabaran suatu obyek
  • Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara jelas dan melibatkan kesan pada sebuah indera 
  • Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah dapat melihat secara langsung tentang obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut 
  • Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik seperti bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

Dari adanya penjelasan yang lebih detail tersebut mungkin saat ini anda sudah bisa membuat contoh paragraph deskriptif sendiri. Namun, dibawah juga akan saya berikan contoh paragraph deskriptif bahasa Indonesia.

Contoh paragraph deskriptif bahasa Indonesia

Saya akan memberikan contoh paragraph deskriptif, karena kita adalah orang Indonesia maka saya akan memberikan contoh paragraph deskriptif bahasa Indonesia. Berikut adalah contohnya.

Sungai serayu adalah sungai yang bersih dan juga alami. Lebar dari sungai serayu bisa lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu memiliki air yang bersih dan juga sangat segar. Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat bersih dan juga indah, karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi. Bebatuan bebatuan tersebut sering digunakan sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing.

Rating: 4.5