http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 28 Januari 2015

Tips Terbaik Belajar Last Minute

Tips Belajar Last Minute - Sebagai seorang pelajar, kewajiban Anda adalah belajar. Belajar di sekolah menggunakan kurikulum yang berlaku. Anda dituntut untuk mengikuti kurikulum tersebut yang meliputi kegiatan belajar mengajar dan ujian tengah semester dan semesteran. Anda pun harus mengikutinya. Beberapa siswa seringkali hanya belajar saat menjelang ujian. Belajar semalam suntuk, wayangan, atau last minute adalah istilah yang sering diucapkan untuk cara belajar seperti ini. Ujian sudah menanti di hujung jari. Anda harus benar-benar konsentrasi belajar untuk menelan sebanyak materi yang ada. Walaupun sudah tahu belajar di saat akhir sangat berbahaya tetapi masih ada juga yang melakukan hal tersebut. Ada sebagain pelajar mampu belajar dengan metode last minute. Ada juga yang kebalikannya, belajar last minute membuat kehilangan konsentrasi.

Berikut beberapa tips terbaik saat belajar last minute:

1. Niat. Niatkan diri Anda belajar untuk mendapatkan keridhoan dari Tuhan Yang Maha Esa

2. Jangan tinggalkan ibadah. Jangan beralasan ujian sudah di depan mata, sehingga meninggakan ibadah. Luangkan waktu juga untuk membaca kitab suci agar hati menjadi tenang.

3. Minta maaf ibu dan ayah. Mintalah mereka mendoakan Anda. Minta maaf juga pada teman-teman dekat. Hal ini tujuannya yaitu mensugertikan pikiran Anda agar lebih konsentrasi saat belajar karena merasa sudah tidak ada beban salah dan termotivasi merasa didoakan untuk mendapatkan nilai terbaik.

4. Bacalah materi dari yang terpenting. Apabila waktu sudah last minute, janganlah membaca buku yang tidak penting dan terlalu tebal. Baca dan pahamilah materi dari yang terpenting dahulu. Jika sudah paham, baru materi tambahan.

5. Buatlah ringkasan. Baca terlebih dahulu materinya secara lengkap. Kemudian pahami inti setiap materi dan tulislah pada kertas atau buku yang telah Anda siapkan sebelumnya.

6. Buatlah point-point. Sederhanakan kembali rangkuman materi yang telah dibuat menjadi poin –poin. Fokus dan konsentrasi pada materi yang sekiranya akan diujikan.

7. Pinjam catatan. Apabila Anda rasa masih merasa kekurangan materi pelajaran, cobalah pinjam catatan teman. Anda bisa membaca sekilas dan menanyakan ke teman Anda pada bagian tertentu yang belum paham

8. Istirahat sejenak. Cobalah istirahat sejenak dan pejamkan mata walau hanya 1 atau 2 menit. Bayangkan dalam pikiran Anda, semua materi yang telah dipelajari akan teringat semua saat berhadapan dengan soal dihadapnnya nanti.

Cara belajar last minute sebaiknya jangan untuk kebiasaan Anda karena terlalu memaksakan otak untuk bekerja. Cara belajar seperti ini tentu ada baik dan buruknya. Baiknya yaitu dapat menghemat waktu belajar. Akan tetapi buruknya lebih banyak, misalnya ketika deadline untuk belajar malah sakit. Sakit akan membuat konsentrasi belajar Anda terganngu, Hasilnya pasti tidak memuaskan. Keburukan lainnya mungkin disuruh membantu orang tua terlebih dahulu, sehaingga waktu Anda tersita beberapa menit bahkan beberapa jam. Alangkah baiknya apabila Anda belajar secara rutin setiap hari.
Rating: 4.5