http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 05 Januari 2015

Jenis – jenis Gaya dalam Fisika

Apa saja jenis-jenis gaya dalam fisika ?Dalam fisika gaya diartikan sebagai dorongan atau tarikan yang diberikan kepada suatu benda. Gaya yang diberikan terhadap benda dapat mrerubah bentuk benda, menyebabkan benda bergerak maupun mengubah arah gerak benda. Sebuah malam jika diberi gaya maka akan berubah bentuk. Andong yang awalnya diam kemudian ditarik oleh seekor kuda maka andong akan bergerak. Bola yang sedang menggelinding diatas lapangan kemudian ditendang maka arah gerak bola akan berubah. Gaya dibedakan menjadi dua jenis yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh merupakan gaya yang dilakukan secara langsung antara benda yang mengerjakan dan benda yang dikenai gaya, sedangkan gaya tak sentuh merupakan gaya yang dikenakan pada suatu benda tidak secara langsung bersentuhan, atau tidak ada kontak langsung antara benda yang dikenai gaya dengan benda yang mengerjakan gaya.

Jenis Gaya sentuh terdiri dari beberapa jenis gaya, diantaranya :
1. Gaya Otot
Gaya otot merupakan gaya yang berasal dari otot manusia atau otot hewan.
Contoh gaya otot : kuda menarik andong, arya mendorong gerobag dan viki menarik gerobak.

2. Gaya Gesek
Gaya gesek merupakan gaya yang ditimbukan ketika dua permukaan benda saling bersentuhan.
Semakin kasar permukaan bendamenyebabkan semakin besar pula gaya gesek yang ditimbulkan.
Contoh gaya gesek :
a. Kendaraan yang sedang melaju kemudian di rem menyebabkan kendaraan berhenti, gaya gesek antara rem dan ban kendaraan menyebabkan kendaraan berhenti.
b. Memotong kayu menggunakan gergaji, Adanya gaya gesek antara kayu dan gergaji menyebabkan kayu akan terbelah.

3. Gaya Pegas
Gaya pegas merupakan gaya yang terjadi pada pegas. Gaya pegas berupa regangan dan rapatan.
Contoh gaya pegas :
a. Karet gelang yang ditarik
b. Anak panah yang melesat dari busurnya
c. Batu yang terlempar dari ketapel;

Jenis Gaya Tak Sentuh terdiri dari beberapa jenis gaya, diantaranya :
1. Gaya Magnet
Gaya magnet merupakan gaya yang berasal dari magnet.
Jika jarum kita dekatkan dengan magnjarum et maka akan bergerak mendekati magnet kemudian menempel pada magnet. Hal ini terjadi karena adanya gaya magnet.
Gaya magnet dimanfaatkan oleh tukang arloji untuk mencari jarum jam yang hilang, gaya magnet juga dimanfaatkan untuk mengangkat barang-barang rongsokan besi.

2. Gaya Coulomb
Gaya coulomb atau gaya listrik merupakan gaya yang timbul karena adanya dua buah muatan listrik yang dipisahkan oleh jarak tertentu. Jika muatan listriks maka akn timbul gaya tolak menolak sedangkan jika muatan listrik berbeda jenis maka akan timbul gaya tarik menarik.

3. Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi merupakan gaya yang ditimbulkan oleh dua benda bermassa untuk menarik benda lain ke arah pusat gaya tersebut. Contoh gaya gravitasi adalah buah mangga yang jatuh ke bawah dari pohonnya karena adanya pengaruh gaya gravitasi bumi.

Demikianlah jenis-jenis gaya dalam fisika.
Rating: 4.5