http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 01 Januari 2015

Ingin Menjadi Pelajar Cemerlang? Inilah Tips Yang Paling Ampuh

Setiap pelajar tentunya ingin menjadi pelajar yang berprestasi, cemerlang dan memiliki cita-cita tersendiri agar mampu bersaing dan menjadi yang terbaik. Apabila setiap pelajar mau dan mampu memanfaatkan materi pelajaran atau ilmu yang telah diperolehnya maka sangat membantu pelajar dalam mengapai cita-cita. Pelajar yang cemerlang seringkali menjadi buah bibir oleh teman, guru, dan masyarakat sekitarnya.

Tidak menutup kemungkinan, pelajar yang cemerlang kerap menjadi sorotan televisi dan surat kabar. Oleh karena itu, beberapa pelajar akan berusaha untuk menjadi pelajar cemerlang. Akan tetapi, ada juga beberapa pelajar yang bertolak belakang dengan pernyataan tersebut. Mereka malas dan menutup diri untuk menjadi pelajar yang cemerlang. Adanya hal tersebut, para pengajar biasanya memiliki cara khusus agar setiap anak didiknya mau belajar dengan sungguh-sungguh agar menjadi pelajar cemerlang.

Berikut beberapa tips bagaimana agar menjadi pelajar cemerlang:

1. Setiap pelajar harus memiliki sikap yang rajin

2. Setiap pelajar harus memiliki sikap displin pada diri sendiri

3. Setiap pelajar harus memiliki sikap menghormati ibu ,bapak, dan guru

4. Setiap pelajar harus memiliki sikap aktif dalam setiap kurikulum yang diajarkan

5. Setiap pelajar harus mampu menjaga kesihatan dirinya sendiri

6. Harus yakin pada potensi diri sendiri agar sukses dalam dunia pendidikan.

7. Bersedia bertanggungjawab sebagai seorang pelajar yang akan menjadi tumpuan keluarga; masyarakat; agama; bangsa; dan negara.

8. Mau memberikan tumpuan sepenuhnya pada pelajaran semasa mengikuti pengajaran dari guru.

9. Mau membuat perencanaan untuk materi harian, dan persiapan ulangan harian.

10. Selalu siap dalam menghadapi berbagai bentuk ujian atau praktikum yang diadakan oleh pihak sekolah maupun pemerintah (ujian nasional).

11. Mau menyediakan keperluan peralatan belajar seperti buku-buku panduan, buku latihan, alat tulis, dan keperluan lainnya.

12. Mau menepati waktu belajar yang telah ditetapkan oleh sekolah masing-masing, misalnya datang ke sekolah tepat waktu dan pulangnya pun mengikuti waktu yang dibenarkan. Hal Ini akan melatih pelajar menjadi seorang yang disiplin. Jika sikap disiplin ini telah tertanam dalam jiwa pelajar, maka sanat mudah bagi pelajar untuk mendisiplinkan diri saat pembelajaran.

13. Apabila tidak dapat masuk sekolah dengan alasan tertentu, mau mencari dan merangkum materi yang tertinggal tersebut. Misalnya jika pelajar sakit dan tidak dapat masuk sekolah, ia akan meminjam buku ke temannya untuk merangkum materi yang terlewati itu di lain waktu. Atau pun minta penjelasan sekilas kepada guru saat istirahat di sekolah atau di kelas saat penerangan materi berikutnya.

Sebagai pelajar cemerlang biasanya sering dipanggil sekolah untuk mewakili lomba mata pelajaran. Perlombaan tersebut bisa meliputi tingkat sekolah, antar sekolah, bahkan tingkat nasional. Semoga tips untuk menjadi pelajar cemerlang ini dapat diaplikasikan oleh anak didik yang berani mengambil tantangan mempertahankan prestasinya.
Rating: 4.5