http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 24 Januari 2015

Grafik Hukum Hooke

Sebelum membahas grafik Hukum Hooke teman-teman masih harus memahami konsep elastisitas.
Benda benda disekitar kita digolongkan menjadi dua jenis. Yaitu benda yang bersifat plastis dan benda yang bersifat elastis. Benda yang bersifat plastis ialah apabila sebuah benda diberi gaya luar maka benda tersebut akan mengalami perubahan dan jika gaya luar dihilangkan benda tidak dapat kembali ke bentuk semula. Sedangkan benda yan bersifat elastis ialah apabila benda diberi gaya luar maka benda tersebut akan mengalami perubahan dan jika gaya luar dihilangkan benda akan kembali ke bentuk semula. Peubahan yang dialami benda ialah bertambah panjang, berubah lebar atau dapat juga perubahan volume tetapi massa benda tetap tidak berubah. Contoh benda elastis adalah pegas, karet, ketapel, peer, adonan kue.

Gambar 1

Bunyi Hukum Hooke
Robert Hooke mengadakan suatu percobaan untuk mencari tahu hubungan antara pertambahan panjang pegas dengan gaya yang bekerja pada pegas. Jika suatu pegas diberi gaya luar dengan ditarik maka pegas juga akan memberikan gaya yang sama besar dengan gaya yang diberikan tetpi arahnya berlawanan (aksi-reaksi). Menurut Hooke “apabila suatu pegas diberi gaya luar (ditarik) yang masih dalam daerah elastisnya maka pegas akan bertambah panjang sebanding dengan gaya yang diberikan”. Pernyataan tersebut dikenal dengan Hukum Hooke.

Rumus Hukum Hooke
Hukum Hooke dirumuskan :
F = - k Δx
Dengan :
F = gaya yang bekerja pada pegas (N)
K = konstanta Pegas (N/m)
Δx =
perubahan panjang pegas (m)tanda negatif menunjukkan gaya pemulih pegas berlawanan arah dengan gaya luar yang diberikan pada pegas.

Menurut Hooke pertambahan panjang sebuah pegas sebanding dengan gaya yang diberikan pada pegas tersebut. Grafik hukum Hooke tentang hubungan antara gaya (F) dan perubahan panjang pegas digambarkan seperti grafik yang ditunjukkanpada gambar 1.

Grafik Hukum Hooke tentang sifat elastis benda
Menurut Robert Hooke benda yang bersifat elastis suatu saat juga akan bersifat plastis, jika benda plastis terus menerus diberi gaya luar yang besar maka benda akan putus. Grafik Hukum Hooke ditunjukkan pada gambar 2.
Gambar 2
Jika suatu benda elatis diberi gaya maka benda akan mengalami perubahan panjang, jika gaya dihilangkan benda masih dapat kembali ke posisi semula, maka benda berada pada daerah elastis. Batas elastisitas ialah keadaan dimana gaya maksimal yang diberikan pada benda dan benda masih berada pada daerah elastis. Jika benda elastis diberi gaya maka benda akan mengalami perubahan panjang dan gaya dihilangkan tetapi benda tidak dapat kembali ke bentuk semula , maka benda berada pada daerah plastis. Benda elastis yang sudah berada pada daerah plastis tetapi msih diberi gaya maka benda akan mencapai titik patah sebelum akhirya benda patah atau putus
Demikianlah sekilas tentang grafik hukum Hooke semoga bermanfaat.
Rating: 4.5