http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 30 Januari 2015

Gaya Gesek Kinetis

Apa yang ada dibenakmu saat mendengat Gaya gesek kinetis ? gaya gesek merupakan gaya yang bekerja pada dua permukaan benda yang bersentuhan, baik benda diam maupun benda bergerak. Karena gaya merupakan besaran vektor, maka gaya gesek mempunyai nilai dan arah. Arah gaya gesek selalu berlawanan dengan gaya luar ayang diberikan ada benda atupun berlawanan dengan garah gerak benda.

Pengertian gaya gesek kinetis

Seperti yang telah disebutkan di atas gaya gesek bekerja pada benda diam maupun benda bergerak. Gaya gesek yang bekerja pada benda yang bergerak disebut gaya gesek kinetis. Arah gaya gesek kinetis berlawanan dengan arah gerak benda. Contoh : kardus yang diam diatas lantai kasar kemudian di tarik dengan gaya kearah kanan, sehingga kardus tersebut bergerak ke arah kanan maka gaya gesek yang bekerja pada lardus tersebut ke arah kiri, seperi yang ditunjukka oleh gambar 1.

Besar kecilnya gaya gesek kinetis dipengaruhi oleh tingkat kekasaran benda. Semakin kasar permukaan benda yang bersentuhan maka gaya gesek kinetis yang bekerja pada benda juga akan semakin besar. Jika permukaan benda yang bersentuhan licin gaya gesek yang bekerja kecil dan biasanya diabaikan.

Rumus gaya gesek kinetis

Selain dipengaruhi oleh kekasaran suatu benda, besar kecilnya gaya gesek kinetis juga dipengaruhi oleh nilai koefisien gesekan kinetis µk(miu). Untuk menghitung besarnya gaya gesek kinetis yang bekerja pada benda digunakan persamaan :
fk = N . µk
dengan :
fk = gaya gesek kinetis (N)
N = gaya normal benda (N)
µk = koefisien gesekan kinetis

Contoh soal gaya gesek kinetis :
1. Sebuah balok bermassa 2 kg diam diatas lantai kasar. Kemudian balok ditarik dengan gaya 15 N ke arah kanan sehingga balok bergerak. Hitung gaya gesek kinetis yang bekerja pada balok jika koefisien gesekan balok 0.1 !
Diketahui :
m = 2 kg
F = 15 N
µk = 0.1
ditanya :
fk . . . .?
jawab :
sebelum menjawab soal uraikan dulu gaya yang bekerja pada balok seperti yang ditunjukka oleh gambar 2.
Karena balok bergerak di atas bidang datar, maka
∑Fy = 0
N – w = 0
N = W
N = m . g
N = 2 . 10
N = 20 N
fk = N . µk
fk = 20 . 0.1
fk = 2 N
Jadi gaya gesek kinetis yang bekerja pada balok sebesar 2 N, karena balok bergerak ke arah kanan maka arah gaya gesek kinetis ke kiri.
Demikianlah sekilas tentang gaya gesek kinetis, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5