http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 13 Januari 2015

Cara Belajar Menulis Huruf Arab Pada Komputer

Bahasa Arab berasal dari negara-negara timur Tengah khususnya negara Arab Saudi. Mereka datang ke Indonesia awalnya hanya berdagang. Oleh karena suatu hal, mereka pun turut syi’ar agama Islam. Dahulu pengajaran agama Islam secara manual yaitu hanya menggunakan perkataan dan tulisan tangan. Seiring berkembangnya teknologi, pengajaran menulis huruf Arab sekarang lebih mudah yaitu dengan teknologi aplikasi di komputer. Pada dasarnya huruf Arab sulit ditranslite ke huruf latin termasuk ke bahasa Indonesia, tetapi Para cendekian ulama dengan pembuat aplikasi Arabic sudah membahasnya dan terjadi kesepakatan yang dapat digunakan oleh semua pengguna komputer. Namun saat ini sepertinya penulisan penulisan Arab ke Indonesia semakin tidak teratur, kebanyakan hanya menuliskan asal. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi huruf arab juga harus ada perbaikan agar tidak menyalahi aturan bakunya. Cara belajar menulis huruf Arab pada komputer membuat tulisan lebih bagus dan rapi. Menulis huruf Arab di komputer dapat menggunakan microsoft office word 2007.


Berikut Cara belajar menulis huruf arab pada komputer dengan microsoft office word 2007:

1. Anda harus menambahkan
aplikasi bahasa Arab terlebih dahulu. Keyboard juga harus yang ada huruf Arabnya. Cara menambahkan metode bahas Arab pada komputer yaitu klik start kemudian pilih kontrol panel lalu tampil jendela baru. Pada bagian view dinpojok kanan atas, pilihlah atau gantilah menjadi “category”.

2. Pilih “change keyboards or othr input methods” pada bagian “clock, language, & region”. Setelah ada tampilan baru, pilihlah atau klik “change keyboard”. Kemudian muncul jendela baru lagi. Klik tanda “+” di sebelah tulisan arabic. Klik tanda “+” pada keyboard dan checklis atau dicentrang Arabic 101, 102, Arabic 102 azerty, klik oke.

3. Buka “microsoft office word 2007”. Lihat pada area taskbar di layar bawah sebelah kanan, pilihlah yang arabic.

4. Cobalah ketik beberapa huruf atau kata Arab. Jika sudah muncul menjadi huruf Arab berarti Anda berhasil mengubahnya. Anda juga dapat menggunakan bantuan “keyboard on screen”, caranya klik star lalu pada bagian “search”, ketik “keyboard” lalu “enter”.

5. Apabila ingin menggunakan tulisan latin kembali atau dikembalikan ke bahasa Indonesia lagi, klik saja taskbarnya pada bagian kanan bawah. Pilih IN atau EN. Secara otomatis, tampilan “microsoft office word 2007” Anda sudah kembali normal bahasa latin lagi.

Penggunaan microsoft office word Arabic tentunya sangat memudahkan Anda untuk belajar menulis huruf Arab. Akan tetapi Anda tidak boleh langsung seratus persen percaya dengan aplikasi tersebut, Anda harus mengkonsultasikan ke pengajar bahasa Arab agar ada kesesuaian. Kadangkala bahasa komputer dengan aslinya ada sedikit perbedaan. Selamat belajar menulis bahasa Arab, semoga artikel ini bermanfaat untuk proses pembelajaran Anda.
Rating: 4.5