http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 20 Januari 2015

Berbagai Definisi Membaca Menurut Para Ahli

Berbagai Definisi Membaca Menurut Para Ahli - Membaca merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi.Kepandaian membaca pada biasanya diperoleh dari sekolah. Kepandaian membaca ini merupakan suatu keterampilan yang sangat unik serta berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan untuk alat komunikasi bagi kehidupan setiap manusia. Seseorang akan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan yang baru dengan membaca. Setelah membaca, Anda akan mendapat peningkatan daya pikiran dan mempertajam pandangan, serta menambah wawasan. Sehingga kegiatan membaca sangat diperlukan oleh siapapun yang menginginkan kemajuan dan peningkatan diri. Dalam hal ini, guru akan mengajarkan cara dan mendefinisikan pengertian membaca menurut kurikulum dan para ahli. Para guru biasanya memberikan referensi beberapa definisi membaca menurut para ahli. Buku definisi membaca menurut para ahli ini bisa anda dapatkan di toko-toko buku atau perpustakaan.

Berikut Berbagai Definisi Membaca Menurut Para Ahli yang perlu Anda ketahui

1. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, definisi membaca yaitu melihat dan paham isinya, bisa dengan melisankan atau dalam hati saja.

2. Menurut Mr.Hodgson terbitan tahun 1960 halaman 43-44, definisi membaca yaitu proses yang dilakukan oleh para pembaca agar mendapatkan pesan, yang akan disampaikan dari penulis dengan perantara media kata-kata maupun bahasa tulis. Apabila pesan tersurat dan tersirat dapat dipahami, maka proses dari membaca itu akan terlaksana secara baik.

3. Menutut Mr.Finochiaro dan Bonomo terbitan tahun 1973 halaman 119, definisi membaca yaitu mengambil dan memahami suatu arti dan maknanya yang terkandung pada bahasa yang tertulis.

4. Menurut Mr.Lado terbitan tahun 1976 halaman 132, definisi membaca yaitu memahami dari pola-pola atau tata bahasa dari subuah gambaran yang tertulisnya.

5. Menurut Mr.Gorys Keraf terbitan tahun 1996 halaman 24, definisi membaca yaitu proses yang lengkapantara lainkegiatan yang mengandung unsur fisik dan mental. Oleh karena itu, membaca dapat diartikan juga sebagai proses memberikan makna dari simbol-simbol yang visual.


6. Menurut Mr.Fredick Mc Donald dalam Burns terbitan tahun 1996 halaman 8, definisi membaca merupakan rangkaian beberapa respon yang lengkap, yaitu mencakup respon sikap, kognitif, dan manipulatif. Definisi Membaca t dapat dibagi menjadi sub ketrampilan, meliputi sensori; persepsi; sekuensi; pengalaman; berpikir; belajar; asosiasi; afektif; dan konstruktif. Menurut Fredick, aktivitas membaca bisa terjadi apabila beberapa sub keterampilan itu dilakukan bersama-sama pada suatu keseluruhan yang saling terpadu.

7. Menurut Mr.Kolker terbitan tahun 1983 halaman 3, definisi membaca yaitu proses komunikasi antara si pembaca dan si penulis dengan perihal bahasa tulis. Asal kata membaca ini menurut Mr. Kolker ada tiga hal, yaitu, kognitif, afektif dan bahasa. Suatu perilaku kognitif mengacu pada pemikiran, perilaku afektif mengacu pada perasaan, dan perilaku bahasa itu mengacu pada bahasa anak.

8. Menurut Mr.Tampubalon terbitan tahun 1987 halaman 6, menyatakan bahwa bahasa tulisan itu mengandung suatu ide-ide / pikiran-pikiran, sehingga dalam memahami bahasa suatu tulisan dengan metode membaca sebagai proses-proses yang kognitif atau penalaran. Oleh karena itu, dikatakan bahwa definisi membaca yaitu cara untuk dapat pembinaan daya nalar.

9. Menurut Mr.Smith dalam buku Mr.Ginting terbitan tahun 2005, membaca yaitu suatu proses yang membangun pemahaman sari bacaan (teks) yang tertulis.

10. Menurut Mr.Juel dalam buku Mr.Sandjaja terbitan tahun 2005, membaca yaitu proses untuk dapat mengenal beberapa kata dan memadukan menjadi arti kata menjadi kalimat dan struktur bacaan. Oleh karena itu, setelah membaca dapat membuat intisarinya dari bacaan tersebut.

Beberapa definisi membaca dari para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa membaca merupakan suatu proses memahami dan mengambil makna dari suatu kata-kata, gagasan, ide, konsep, dan informasi yang telah dikemukakan oleh pengarang pada bentuk tulisan. Segeralah membaca karena dengan membaca, ilmu pengetahuan Anda akan bertambah. Bahan bacaan untuk membaca itu banyak sumbernya, bisa dari buku pelajaran, majalah, koran , dan lainnnya.
Rating: 4.5