http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 02 Januari 2015

Apakah Bosan Dengan Cara Belajar Anda? Inilah Tips Belajar Efektif

Tips Belajar Efektif - Setiap pelajar yang ingin sukses pasti memerlukan proses. Proses tersebut harus dengan strategi belajar yang efektif agar hasilnya tidak sia-sia. Harapannya yaitu setiap materi yang Anda pelajari dapat membuahkan hasil yang maksimal. Apalagi saat ini pelajar dan mahasiswa harus mengikuti kurikulum yang begitu susah dan materi yang harus dipelajari bertambah banyak. Bagaimanakah caranya agar cara belajar Anda tidak membosankan?
Berikut ini kami suguhkan beberapa tips belajar yang efektif.

1. Niat
Awalilah belajar anda dengan niat yang sungguh-sungguh. Niat untuk mengubah cara belajar Anda agar lebih baik. Niat belajar tidak boleh diiringi dengan rasa “mood”, tapi rasa butuh untuk segera mendapatkan inti materi yang sedang dipelajari.

2. Belajar di manapun sesuka Anda
Cobalah cari tempat yang nyaman dan bisa menenangkan pikiran Anda sewaktu belajar, keadaan yang nyaman akan lebih mudah memahami materi.

3. Batasi materi yang Anda pelajari

Hal ini sering kali menjadi keliru, para pelajar mau belajar dengan sungguh-sungguh saat besok ada ulangan atau ujian. Seharusnya ketika akan ujian, Anda gunakan untuk mengistirahatkan otak sejenak agar tidak stres esok harinya. Akan tetapi Anda lemburan belajar semalam suntuk. Sistem KS atau kebut semalam sangat merusak cara berpikir Anda, karena hanya akan menimbulkan tekanan yang mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu, batasilah materi yang Anda pelajari dengan aktif belajar harian, tidak
diborong saat mau ujian.

4. Belajar sambil diskusi
Belajar secara kelompok bermaksud agar seseorang yang kurang mampu memahami materi dapat berdiskusi dengan teman yang sudah paham. Pada diskusi itu, terjadi pertukaran ide terus berjalan. Yang pintar akan semakin pintar dan kurang pintar akan terbantu oleh si pintar. Semua pasti akan menjadi seimbang.

5. Belajar dengan diiringi musik
Musik memang dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam belajar tetapi hal ini tidak selalu bisa diterima pada setiap orang. Ada juga beberapa orang yang justru suka keadaan yang tenang. Jadi,apabila musik bisa membantu Anda berkonsentrasi, lanjutkan saja.

6. Jangan menghafal saja
Metode menghafal hanya menyukseskan Anda dalam mencari nilai bagus. Namun pengetahuan Anda tidak bertambah. Pahamilah setiap materi dengan mempelajari konsep-konsepnya.

7. Jangan malu-malu untuk bertanya
Apabila ada yang belum paham mengenai materi yang diajarkan, tanyakanlangsung pada guru yang bersangkutan atau temen teman yang pandai.

8. Coba dan Gagal (Trial and Error)
Jangan pernah takut dan menghindar dari kegagalan.

9. Cintailah mata pelajaran yang disukai

10. Ingat tujuan utama Anda
Tujuan utama anda adalah menambah ilmu pengeratuan, bukan hanya nilai baik.Apabila paham dengan ilmu yang dipelajari, akan sangat bermanfaat pada masa depan Anda.

11. Kunci metode belajar
Kunci semua metode belajar yaitu pada kesungguhan Anda dalam berdo'a dengan harapan semua keinginan dapat tercapai.

Tips belajar efektif tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh sungguha dan kesadaran dari diri sendiri. Apabila Anda mau mengikuti anjuran belajar efektif tersebut, prestasi Anda akan meningkat dan selalu teringat karena dilakukan bukan dengan cara menghafal.
Rating: 4.5