http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 22 Oktober 2014

Belajar Materi Kursus Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Belajarnya

Materi kursus bahasa inggris berperan besar dalam kesuksesan kegiatan belajar mengajar bahasa inggris. Jika materi yang digunakan baik, maka akan mudah disampaikan oleh pengajar dan diserap oleh murid. Materi pelajaran bahasa inggris juga harus dibuat atau disusun berdasarkan standar kompetensi yang ada sehingga tidak melenceng jauh dari kompetensi yang harus dipelajari. Biasanya dalam penyampaian materi bahasa inggris, pengajar juga membutuhkan media belajar bahasa inggris. Tujuan dari penggunaan media adalah untuk membantu murid menerima materi dengan mudah dan cepat. Untuk memilih materi kursus bahasa inggris yang sesuai, ada beberapa criteria materi kursus bahasa inggris.

Menggabungkan Keempat Kompetensi dalam Bahasa Inggris


Dalam membuat materi kursus bahasa inggris yang baik, tentu saja jangan pernah melupakan empat kompetensi atau skills di dalam bahasa inggris. Keempat kompetensi ini harus ada di dalam materi dan ini wajib hukumnya. Tujuannya adalah untuk saling melengkapi
satu kompetensi dengan yang lainnya. Misalnya speaking selalu berkaitan erat dengan listening begitu juga dengan reading ada hubungannya dengan writing. Penggabungan keempat skills tersebut harus seimbang di dalam materi pelajaran bahasa inggris agar murid memperoleh pelajaran dan materi keempat kompetensi tersebut. Hal ini akan semakin sempurna dengan ditambahkan media belajar bahasa inggris yang sesuai dengan setiap kompetensi.

Mampu Mengajak Murid Lebih Aktif dan Komunikatif


Selain penggabungan keempat kompetensi dasar bahasa inggris, materi kursus bahasa inggris juga harus bisa mengajak murid untuk lebih aktif, kreatif dan komunikatif dengan berbagai pengembangannya. Apabila materi pelajaran bahasa inggris itu kurang diminati murid maka pasti ada sesuatu yang salah tentang materi itu. Sebaiknya, lakukanlah review untuk mengetahui kekurangannya. Media belajar bahasa inggris bisa digunakan untuk menghidupkan suasana dan situasi di dalam kelas.

Jangan Terlalu Mengedepankan Grammar


Grammar memang penting dalam pembelajaran dan materi kursus bahasa inggris. Tetapi, jangan terlalu menekankan penguasaan grammar. Ambilah dan berikanlah porsi yang tepat dan seimbang grammar di dalam materi pelajaran bahasa inggris. Yang penting murid tahu dan paham. Jika dicantumkan terlalu mendetail pada materi pelajaran akan membuat murid menjadi putus asa dalam belajar bahasa inggris. Peranan media belajar bahasa inggris sangat penting. Jadi jangan lupa untuk menggunakannya dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Rating: 4.5