http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 06 September 2014

Mengenal Sekolah Alam

Sekolah alam merupakan salah satu model pendidikan yang berupaya untuk melakukan pengembangan pendidikan secara alami seperti belajar dari segala makhluk di alam semesta ini. Di samping itu sekolah alam juga merupakan suatu bentuk alternatif pendidikan yang menggunakan alam untuk media utamanya dalam pembelajaran siswa. Berbeda dengan sekolah biasa yang mana kebanyakan menggunakan model metode pembelajaran di dalam kelas tanpa membiarkan para siswanya belajar lebih banyak di alam bebas, sementara pada sekolah alam metode belajarnya lebih banyak dengan melakukan action learning serta belajar melalui pengalaman. Adapun konsep pendidikan yang diterapkan pada sekolah alam adalah :

  • Menggunakan alam untuk tempat belajar
  • Menggunakan alam untuk bahan dan media ajar
  • Menggunakan alam untuk objek pembelajaran

Sebenarnya sekolah alam sendiri mencoba untuk mengajak para siswanya untuk mengartikan konsep fitrah, yang mana sekolah tidak lagi dijadikan sebagai beban namun lebih sebagai realitas kehidupan yang ilmunya bisa di terapkan pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa keunggulan sekolah alam :

Sekolah ini hadir sebagai jalan keluar untuk mengatasi kebosanan bagi anak-anak ketika belajar sekaligus mewujudkan cita-cita bagi siapa saja yang peduli akan perubahan dunia pendidikan lebih baik yang anda di Indonesia. Perubahan tersebut tidak hanya pada lokasi atau tempat belajar saja, namun juga terhadap cara pandangnya terhadap dunia pendidikan secara mendasar dan menyeluruh.

Karena sekolah alam, maka lokasi belajarnya pun ada di alam bebas. Sehingga pihak sekolah tidak menyediakan bangunan layaknya sekolah reguler. Jadi para siswa di sana bisa belajar sekaligus merasakan keindahan alam dan juga menghirup udara yang segar tiap harinya.

Di sini semua siswa bisa bebas berekspresi termasuk dalam melakukan berbagai eksperimen. Selain itu murid-murid juga bisa mengeksplorasi segalanya yang ada di sekitar mereka tanpa adanya aturan-aturan yang bisa membatasi rasa keingintahuan mereka.

Membuat anak lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, sehingga selain bisa menghargai perbedaan-perbedaan yang ada juga bisa mengajarkan betapa pentingnya menghargai alam.

Meskipun secara kurikulum sekolah alam dengan sekolah reguler tidak jauh berbeda, namun ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh sekolah reguler dan itu merupakan salah satu cara perubahan lebih baik yang diterapkan di dunia pendidikan.
Rating: 4.5