http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 02 April 2014

Perlunya Evaluasi Pembelajaran Matematika

Evaluasi pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan merupakan salah satu hal yang teramat penting untuk dilakukan. Dengan adanya evaluasi pembelajaran maka seorang tenaga pendidik ataupun pihak lain yang peduli terhadap pembelajaran dapat mengetahui apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi pembelajaran ini dapat kita artikan sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadap segala hal yang telah dilakukan selama pembelajaran. Terutama mengenai apa saja hal yang harus dihilangkan atau dikurangi pada saat pembelajaran yang telah berlangsung. Maksudnya di sini adalah dengan mengetahui kesalahan-kesalahan apa yang telah dilakukan pada kegiatan pembelajaran terdahulu maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk dapat melakukan pembenahan terhadap kegiatan pembelajaran pada rencana yang akan datang. Kegiatan evaluasi pembelajaran ini sangat penting untuk dilakukan oleh semua tenaga pendidik, salah satu di antaranya adalah tentang evaluasi pembelajaran matematika.

Matematika adalah salah satu pelajaran yang sering kali menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para peserta didik. Karena memang saat tengah mempelajari matematika membutuhkan kekuatan otak kiri yang mampu menganalisis hitung-hitungan dengan tepat. Banyak di antara para peserta didik tersebut yang akhirnya menjadi minder dengan mata pelajaran wajib yang satu ini. Hasilnya matematika pun kian dikukuhkan sebagai pelajaran yang ditakuti.

Dari permasalahan tersebut sebenarnya dapat menjadi sebuah bahan evaluasi tersendiri bagi tenaga pendidik yang mengemban matematika. Evaluasi pembelajaran matematika yang saya maksud di sini terutama terkait dengan bagaimana cara penyampaian pembelajaran matematika yang abstrak tersebut menjadi sebuah materi pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh para peserta didik. Sehingga dengan hal ini seorang peserta didik akan lebih senang terhadap pelajaran matematika dan trauma tentang matematika yang selama ini ada di kalangan masyarakat diharapkan berangsur-angsur akan hilang dengan sendirinya. Atau secara garis besar tentang evaluasi pembelajaran matematika yang ada saat ini adalah tentang bagaimana seorang tenaga pendidik dapat menyampaikan dan mengolah materi pembelajaran matematika yang sedemikian rupa tersebut menjadi sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sajikan untuk anda. Semoga beberapa ulasan di atas mampu memberikan manfaat untuk anda semua.



Rating: 4.5