http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 04 April 2014

Mengenal Tujuan Media Pembelajaran

Tujuan Media Pembelajaran - Saat kita membicarakan tentang pembelajaran yang baik untuk para peserta didik di sekolah, mungkin akan membuat kita membicarakan tentang banyak hal terkait dengan komponen-komponen yang dapat menunjang terciptanya pembelajaran tersebut. Pertama saat kita melihat hal tersebut di Indonesia mungkin yang akan ada dalam benak anda adalah tentang evaluasi pembelajaran terhadap para tenaga pendidik.

Ya, hal pertama yang harusnya menjadi koreksi terkait dengan usaha untuk meningkatkan pembelajaran yang baik adalah dengan mengevaluasi para tenaga pendidik yang terlibat, Apakah memang benar-benar telah mumpuni dalam mengemban tugas yang diberikan padanya ataukah belum? Jika memang kenyataan mengatakan bahwa tenaga pendidik tersebut dinilai belum mumpuni maka satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah memberikan kesempatan untuk tenaga pendidik tersebut untuk belajar kembali agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang diembannya.
 
Selain itu juga terkait dengan kesiapan para peserta didik dalam menerima pembelajaran pun harus baik.  Karenanya pendidikan sedini mungkin yang dilakukan orang tua di rumah juga
akan sangat memengaruhi bagaimana kesiapan para putra putrinya saat tengah menjalani pembelajaran di sekolah. Yang ketiga adalah terkait dengan sarana dan prasarana yang menunjang atau yang sering kita sebut dengan media pembelajaran. Media pembelajaran ini sangat bervariasi mulai dari yang lahir dari inovasi dan ide kreatif yang kondisional yang dilakukan oleh tenaga pendidik yang berkualitas maupun juga media yang telah tersedia di alam yang mampu diolah dengan baik. Media pembelajaran yang semakin bervariasi tersebut menimbulkan sebuah pertanyaan mendasar bagi saya. Jika kenyataannya di Indonesia ini banyak sekali media pembelajaran maka mengapa pembelajaran di Indonesia kurang berkualitas? Apa sih tujuan utama dari media pembelajaran itu?
 
Pertanyaan pertama yang akan saya bahas adalah tentang tujuan media pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting karena memiliki tujuan utama yakni sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran yang digunakan oleh tenaga pendidik dengan lebih mudah sehingga para peserta didik akan lebih mudah mencerna apa yang didapatkannya. Terkait dengan mengapa di Indonesia masih rendah pembelajarannya, itu menurut saya karena minimnya kesadaran untuk menggunakan media pembelajaran yang berlimpah tersebut secara efektif.
 
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda, semoga sedikit coretan saya di atas mampu memberi manfaat.
Rating: 4.5