http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 03 April 2014

Contoh Strategi Pembelajaran yang Baik

Strategi Pembelajaran - Membahas tentang pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat menantang sekaligus sebuah hal yang sangat menarik untuk kita lakukan. Karena kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang dinamis yang selalu perlu untuk dikembangkan dari waktu ke waktu. Dalam sebuah kegiatan pembelajaran setiap harinya pun kian ada inovasi terkait dengan komponen yang ada di dalamnya. Bukan hanya menyoalkan tentang inovasi terkait dengan media pembelajaran yang semakin digalakkan saat ini, berbagai komponen lain layaknya strategi pembelajaran pun kian dilakukan oleh tenaga pendidik guna memberikan pembelajaran yang baik dan efektif kepada para peserta didiknya.

Strategi pembelajaran ini merupakan sebuah kumpulan cara yang akan digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam memberikan pelajaran kepada para peserta didiknya. Setiap tenaga pendidik tentunya memiliki ciri dan cara khusus yang digemarinya dalam menyampaikan meteri pelajaran kepada para peserta didiknya namun seharusnya apapun itu cara yang digunakan harus tetap mengacu pada keinginan untuk menciptakan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif. Nah berikut ini saya telah merangkum sedikit cara atau strategi yang dapat dilakukan oleh tenaga pendidik dalam memberikan atau menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya.

Strategi pembelajaran yang harus diterapkan oleh tenaga pendidik adalah strategi pembelajaran yang kondisional dan efektif.  Contohnya ketika seorang tenaga pendidik tengah mengajar di sebuah kelas yang para peserta didiknya memiliki tingkat keaktifan yang tinggi. Di sini seorang tenaga pendidik akan lebih maksimal dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya dengan menggunakan metode sharing atau diskusi. Dengan mengajak para peserta didik yang aktif tersebut untuk berdiskusi maka secara tidak langsung mereka akan menyalurkan keaktifan yang mereka miliki tersebut dengan lebih baik misalkan saja dengan aktif menyampaikan pendapat yang mereka miliki ataupun aktif dalam hal kerja sama dengan orang lain.

Lalu bagaimanakah dengan lingkungan kelas yang peserta didiknya cenderung pasif? Di sini hal yang dapat dilakukan oleh tenaga pendidik adalah dengan memberikan pancingan berupa pertanyaan kepada para peserta didik agar terjalin interaksi yang lebih baik. Serta dapat pula menggunakan strategi yang menyenangkan untuk menarik reaksi dari para peserta didik.

Dan itulah beberapa  ulasan yang dapat saya berikan, semoga memberi manfaat untuk anda.
Rating: 4.5