http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 30 Januari 2014

Penjelasan Dan Format Multimedia Pembelajaran

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai multimedia pembelajaran, sebaiknya kita pahami dahulu apa itu pengertian dari multimedia dan pembelajaran itu sendiri. Jadi Multimedia adalah suatu media yang menggabungkan dua atau lebih unsur media yang terdiri dari gambar, foto, teks, video maupun animasi yang terintegrasi. Sementara pembelajaran diartikan sebagai sebuah proses menciptakan lingkungan untuk berlangsungnya proses belajar mengajar. Di dalam sebuah pembelajaran sendiri yang paling utama yaitu bagaimana siswa itu belajar, belajar dalam arti aktivitas mental sehingga mereka mampu menghasilkan sebuah perubahan prilaku menjadi lebih baik yang sifatnya konstan.

Berbicara mengenai manfaat dari multimedia pembelajaran ini jika dipilih, digunakan dan dikembangkan dengan tepat maka bisa memberikan manfaat yang sangat banyak untuk para siswa dan guru. Secara umum manfaat tersebut adalah menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, atraktif dan juga bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar. Hal tersebut bisa didapatkan karena mengingat beberapa keunggulan yang dimiliki dalam multimedia pembelajaran adalah :

  • Mampu membesarkan benda yang berukuran kecil atau tak nampak dengan mata sekalipun seperti bakteri dan kuman.
  • Mampu memperkecil benda yang tidak mungkin dihadirkan karena ukurannya yang terlalu besar seperti gedung, pesawat, gajah dan sebagainya dalam proses pembelajaran.
  • Mampu menyajikan suatu peristiwa ataupun benda dengan lebih kompleks seperti beredarnya planet, bekerjanya sebuah mesin dan lain-lain.
  • Mampu menyajikan sebuah peristiwa yang jauh seperti salju, bulan dan sebagainya.
  • Mampu menyajikan sebuah peristiwa yang berbahaya untuk dipelajari seperti gunung meletus.
  • Mampu meningkatkan daya tarik siswa dalam mempelajarinya.

Selain itu karakteristik dari multimedia di dalam sebuah pembelajaran adalah :

Menyajikan lebih dari satu media secara bersamaan, misalnya saja dengan menggabungkan unsur visual dan audio.

Lebih bersifat interaktif
Bersifat mandiri sehingga siswa bisa belajar secara langsung tanpa bimbingan orang lain.

Pada dasarnya dalam menyajikan suatu pembelajaran dengan menggunakan multimedia, terdapat beberapa format yang bisa kita gunakan atau terapkan. Tapi apa saja format tersebut? perhatikan berikut ini :

Tutorial
Jadi tutorial ini merupakan sebuah pembelajaran yang menggunakan multimedia untuk penyampaian materi, baik itu secara teks, grafik maupun video.

Drill
Drill ini digunakan untuk melatih para pengguna sehingga mereka bisa mahir dalam mempelajari suatu keterampilan maupun untuk penguasaan sebuah konsep tertentu. Adapun program ini menyediakan beberapa soal yang nantinya akan ditampilkan acak, jadi setiap soal yang muncul selalu berbeda.

Simulasi
Pembelajaran yang satu ini dikemas dengan format penyampaian yang lebih dinamis dan biasa di aplikasikan di dunia nyata.

Eksperimen
Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan simulasi, tapi eksperimen ini lebih ditujukan untuk kegiatan yang sifatnya percobaan. Misalnya saja latihan praktikum di sebuah laboratorium.

Permainan
Permainan di sini disajikan untuk proses pembelajaran. Dengan begitu diharapkan aktivitas belajar bisa lebih menarik dengan bermain.

Dengan mengetahui pengertian dan juga berbagai format yang bisa kita terapkan dalam pembelajaran. Maka diharapkan proses belajar mengajar bisa lebih baik dan lebih efisien mengingat betapa pentingnya multimedia pembelajaran itu sendiri untuk saat ini.
Rating: 4.5