http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 04 November 2016

Mengetahui Lebih Jauh Struktur Membran Plasma dan Fungsi Membran Plasma

Membran plasma atau bisa disebut pula membran sel merupakan bagian sel terluar yang berperan sebagai pembatas bagian dalam sel dengan lingkungan sekitar. Jadi bisa disimpulkan bahwa membran sel ini terletak di bagian luar sel pada sel spesies hewan, tumbuhan dan protozoa, perbedaan antara membran sel dari ketiga spesies ini yaitu bila sel hewan dan protozoa terletak pada bagian luar sedangkan sel bakteri dan tumbuhan berada di bawah dinding sel. fungsi dari membran plasma yang utama adalah untuk melindungi organ internal dari zat-zat asing dari luar. Bisa dibilang bahwa membran sel ini merupakan pondasi dan benteng bangunan dasar kehidupan.

Struktur Membran Plasma

Sel terdiri dari unit struktural dan masing-masing komponennya memiliki perannya sendiri. Karena membran sel memiliki peran sebagai sumber ketahanan sel, maka komponen ini memiliki sifat permeabel dan selektif. Maka membran sel berfungsi untuk menyeleksi unsur-unsur apa saja yang akan masuk kedalam sel. Dalam peyeleksiannya ada beberapa tipe molekul yang mengalami proses masuk yang berbeda, ada yang dapat masuk tanpa melalui molekul transport, harus melalui molekul transport dan tipe molekul asing yang tidak bisa masuk kedalam sel. Molekul yang mengalami proses seperated dan selection ini diperankan oleh beberapa bagian dari membran plasma itu sendiri. Memang, ada bagian apa sajakah membran plasma itu? Artikel ini akan membahasnya lebih lanjut. Baca: fungsi lisosom pada sel hewan

· Fosfolipid
Semua membran plasma pada segala spesies memiliki struktur yang hampir sama. Salah satu bagian pertamanya yaitu fosfolipid yang terdiri dari dua lapis. Di setiap molekul fosfolipid ini memiliki bentuk seperti kepala dan ekor yang mengandung zat berbeda. Bagian kepala terbuat dari molekul fosfat dan bagian ekor terbuat dari lemak. Bila anda melihat gambarnya, mengapa bagian kepala menghadap ke permukaan sedangkan ekor di bawah? Hal ini dikarenakan bagian kepala (fosfat) memiliki sifat hidrofilik atau suka air sedangkan ekor yang terbuat dari lemak bersifat hidrofobik atau tidak suka air maka letak ekornya di tengah.

· Protein membran Potein membran sendiri terbagi dalam tiga bagian lagi yaitu lipid anchored, protein perifer dan integral yang masing-masing memiliki bentuk yang berbeda. Pertama dari integral memiliki ukuran yang mencangkup seluruh lebar pada sel atau menembus pada dua lapis fosfolipid, lalu perifer terletak pada permukaan dalam dan luar dan lipid anchored bergerak ke membran yang dibantu oleh molekul lipid. Beberapa protein lainnya berperan sebagai pondasi struktur pada sel.

· Glikoprotein dan glikolipid
Glikoprotein merupakan molekul karbohidrat yang menempel di molekul protein, sedangkan glikolipid merupakan molekul karbohidrat yang menempel dengan lemak. Kedua komponen ini berfungsi untuk pendeteksi bagian-bagian sel.

· Kolesterol
Kolesterol merupakan molekul yang sangat penting untuk menjaga stabilitas pada membran sel

· Karbohidrat
Bagian ini terletak menempel dengan protein di bagian terluar membran. Dari karbohidrat inilah terbentuk zat baru yaitu glikokaliks yang berfungsi sebagai pelindung membran plasma dan pendeteksi sel.

Fungsi Membran Plasma

Mebran sel atau plasma memiliki fungsi utama yaitu untuk menjaga organ internal dari berbagai zat asing yang masuk dengan memberikan perlindungan sel secara mekanik. Fungsi lain dari membran plasma ini yaitu sebagai bagian terjadinya transportasi unsur atau molekul penting untuk memenuhi kebutuhan bagi sel juga sebagai transportasi keluar masuknya sel. Baca: struktur kloroplas dan juga fungsi kloroplas pada sel tumbuhan
Rating: 4.5