http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 06 November 2016

Bagian-Bagian Sel serta Detail Mengenai Fungsi Nukleus, Vakuola dan Sitoplasma

Fungsi Nukleus, Vakuola dan Sitoplasma - Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi bila mendengar kata “sel”. Sel merupakan salah satu unsur pembentuk tubuh yang memiliki ukuran terkecil namun memiliki fungsi yang snagat penting dalam menyongsong kehidupan berbagai spesies mahluk hidup. Semakin banyak jumlah sel, maka semakin tingginya derajat pada mahluk hidup tersebut. Bahkan sudah ada pula ilmu yang mempelajari dan menyelediki lebih jauh mengenai sel ini, ada pada salah satu cabang ilmu biologi yang bisa disebut sitologi. Pada cabang biologi ini mempelajari struktur dan fungsi pada suatu sel. 

Sel sendiri memiliki kemampuan untuk berkembang biak, mendapatkan nutrisi dan fungsi lainnya. Sama seperti organ pada tubuh pada umumnya, sel pun memiliki struktur yang teratur yaitu terdiri dari membran, sitoplasma dan organel yang masing-masingnya memiliki proses kerja yang begitu kompleks. Bagi anda yang sedang mencari sumber mengenai ilmu sel, maka anda telah membaca artikel yang tepat, karena pembahasan ini adalah mengenai bagian-bagian sel, fungsi nukleus dan berbagai bagian sel.

Bagian-Bagian Sel dan Fungsi Nukleus, Vakuola, Sitoplasma serta Seluruh Komponen Sel

1. Membran sel atau plasma
Membran ini biasanya berada pada spesies hewan dan tumbuhan yang merupakan bagian sel terluar bagi hewan. Tumbuhan pun memiliki komponen ini, hanya saja letak membran tersebut berada di tengah karena terlindungi oleh lapisan yang kuat. Lapisan pada tumbuhan ini memiliki fungsi untuk memperkokoh sel, mencegah sel agar tidak mati/pecah, sumber transport air dan mineral, pelindung bagian sel dalam. Baca: fungsi lisosom pada sel hewan

2. Sitoplasma
Massa ini terletak pada bagian dalam sel, lebih jelasnya lagi diantara membran sel dan nukleus. Wujud dari sitoplasma ini bisa berbentuk gel dan cair. Setoplasma sendiri memiliki dua bagian yaitu ruang luar (ektoplasma) dan ruang dalam (endoplasma). Fungsi sitoplasma ini adalah sebagai sarana penggerak dan distribusi zat penting pada makanan.

3. Organel
organel merupakan bagian sel paling dalam, dan organel sendiri terdiri dari beberapa bagian lagi diantaranya nukleus, platisida, ribosom, vakuola, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma.

Berbagai komponen lainnya yang akan diulas pada artikel ini :

· Nukleus
Merupakan inti dari sel dan salah satu komponen terpenting yang terlindungi oleh membran nukleus. Fungsi dari nukleus sendiri adalah sebagai pengendali proses reproduksi sel, pusat pengatur aktivitas sel dan pengatur sintesis protein.

· Retikulum Endoplasma
Merupakan salah satu komponen penting organel yang memiliki bentuk berupa saluran yang menghubungkan dengan inti. Fungsi dari retikulum endoplasma sendiri yaitu memiliki peran sebagai transport zat dan sebagai komponen menempelnya ribosom.

· Mitokondria
Organel yang memiliki bentuk berupa kapsul yang dilindungi dengan membran rangkap. Adapun fungsi dari mitokondria ini yaitu sebagai pusat penghasil energi, mengatur stabilitas organ tubuh, respirasi sel dan masih banyak lagi.

· Badan Golgi
Komponen organel berbentuk bola yang memiliki peran penting dalam sekresi zat juga mengangkut dan dapat merubah materi zat secara kimia.

· Lisosom
Salah satu bagian organel ini memiliki fungsi sebagai dalam peran imunitas. Lisosom pun dapat mencerna zat yang tidak sempat terurai, tempat terbentuknya enzim pencernaan, mematikan sel yang tidak berguna.

· Plastida
Plastida memiliki peran sebagai unsur pembentuk pigmen warna yang berada pada tumbuhan. Plastida sendiri terdiri dari leukoplas, kloroplas dan kromoplas.

Vakuola
Bagian ini biasanya sering ditemui pada spesies tumbuhan. Fungsi vakuola ini adalah sebagai lokasi penyimpanan makanan dan zat yang akan melalui proses ekresi. Baca: membran sel
Rating: 4.5