http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 25 Oktober 2016

Mengenal Fungsi dari Membran Sel dan Fungsi dari Organel Sel

Fungsi dari Membran Sel dan Fungsi dari Organel Sel - Jika kita mengamati suatu sel menggunakan mikroskop cahaya maka kita akan mengamati seluruh isi sel dengan jelas dan juga lengkap. Supaya lebih jelas lagi dalam mengamati sel, maka para peneliti tersebut menggunakan mikroskop elektron yang bisa mencapai 1.000.000x pembesaran. Melalui mikroskop elektron ini ada banyak organel sel seperti halnya badan golgi, lisosom, mitokondria, ribosom, dan juga retkulum endoplasma ini dapat dilihat dengan mudah. Sebelum membahasnya lebih jauh kini alangkah lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu fungsi dari organel sel. 

Pada dasarnya organel sel ini merupakan organ kecil yang ada di dalam sel dan memiliki struktur khusus dengan membran pemisah terhadap matriks yang ada di sekitarnya. Tentu saja masing-masing organel ini berfungsi secara khas supaya keutuhan dan juga keteraturan dalam sel dapat terjaga dengan baik. Ketahui pula mengenai fungsi dari membran sel yang berkaitan erat dengan organel sel yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya bisa menyimak ulasan berikut.

Kenali Lebih Dalam Tentang Fungsi dari Membran Sel dan Fungsi dari Organel Sel

Membran sel atau sering disebut juga sebagai membran plasma ini terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan. Pada sel tumbuhan, membran sel ada di antara isi sel sitoplasma dengan dinding sel. Sementara pada sel hewan, membran sel ini ada di lapisan terluar yang membatasi antara sitoplasma dengan lingkungan di luarnya. Nah, setelah mengetahui penjelasan singkat dari fungsi membran sel pada tumbuhan dan hewan maka kini saatnya untuk memperjelas fungsi dari organel sel yang juga penting untuk dipelajari. Ternyata ada beberapa perbedaan organel yang ada pada hewan dengan organel sel tumbuhan. Fungsi dari membran sel hewan dan tumbuhan tersebut ternyata sama yakni

· Sebagai batas antarsel

· Sebagai reseptor dari luar

· sebagai pelindung isi sel agar tak keluar

· Mengatur lalu lintas berbagai jenis zat karena memiliki sifat selektif permiabel

Retikulum endoplasma merupakan bagian dari organel sel yang berupa sistem membran yang berlipat-lipat dan menghubungkan antara membran sel dengan membran inti. Fungsi dari organel sel yang satu ini adalah berperan di dalam proses transpor zat intra sel. Di mana ada dua macam RE yakni RE halus dan RE kasar yang permukaannya ini ditempeli oleh banyak ribosom. Kembali lagi ke pembahasan mengenai fungsi dari membran sel. Ternyata fungsi membran sel ini hampir tidak ada saat osmosis. Diketahui bahwa osmosis merupakan pergerakan air masuk dan keluar dari suatu sel. 

Pergerakan air ini terjadi secara alami untuk dapat menyeimbangkan konsentrasi larutan air. Bila ada banyak zat yang terlarut seperti halnya protein dalam larutan maka air dari area yang kurang terkonsentrasi akan bergerak ke arah larutan padat terkonsentrasi secara alami. Selain saat osmosi, pada saat difusi lipid ternyata mebran sel pun seolah-olah tak ada. Difusi lipid ini terjadi pada saat jenis tertentu dari lipid yang bertemu dengan membran sel.

Nah, setelah mengetahui fungsi dari membran sel dan juga fungsi dari organel sel seperti yang telah dijelaskan di atas maka dapat diketahui perbedaan dari keduanya bukan? Selain itu, kita pun juga dapat mengetahui lebih dalam mengenai sel-sel yang ada di tumbuhan maupun hewan. Semoga ulasan berikut ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tahu mengenai seluk beluk sel khususnya yang terkait dengan membran sel atau pun organel sel tersebut. Baca: Fungsi sel hewan dan sel tumbuhan
Rating: 4.5