http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 22 Oktober 2016

Mempelajari Ciri-ciri Badan Golgi dan Fungsi Badan Golgi

Ciri-ciri Badan Golgi dan Fungsi Badan Golgi - Sebelum membahas lebih lanjut tentang badan golgi, sebaiknya tahu terlebih dahulu sebenarnya apa itu badan golgi? Badan golgi atau aparatus golgi adalah organel sel yang bekerja menyerupai ginjal pada organ manusia yaitu berfungsi sebagai ekskresi. Karena organel ini erat hubunganya dengan jaringan sel maka hanya dapat dilihat dengan alat pembesar atau mikroskop. Sebagai organel yang hanya ada dalam jaringan tubuh makluk hidup yang memiliki fungsi ekskresi maka fungsinyapun sangat vital. Sebagai organel sel yang menghasilkan sekeret yang berupa butiran getah yaitu lisofom primer, badan golgi juga mempunyai fungsi menyimpan protein dan enzim yang akan disekresikan. Walaupun mempunyai bentuk dan fungsi yang sama badan golgi modern di sebut golgi complex di bedakan menjadi dua yaitu pada sel tumbuhan serta pada sel hewan dan manusia. Badan golgi pada sel tumbuhan lebih lazim di sebut diktiosom. Satu sel tumbuhan memiliki ratusan badan golgi atau diktiosom sedangkan pada satu sel hewan dan manusia hanya memiliki 10 sampai 20 badan golgi saja.

Siapa penemu badan golgi?

Seorang ahli syaraf berkebangsaan italia bernama Camillio Golgi secara resmi menemukan struktur organel sel pada tahun 1898, dalam penjelasa penemuanya organel sel itu berupa anyaman-anyaman gelap pada sample sel jaringan otak. Untuk menghormati penemunya organel sel ini lantas dinamakan badan golgi atau compleks golgi istilah lainnya adalah regio golgi.

Ciri-ciri badan golgi

Badan golgi yang terdapat dalam jaringan sel memiliki ciri berupa bantalan yang berlapis-lapis. Dalam satu bagian badan golgi dikelilingi oleh gelembung-gelembung berbentuk bulat dan disebut gelembung golgi. Gelembung golgi disekeliling badan golgi dapat dibedakan menjadi tiga menurut jenis dan bentuknya yaitu :

1. Sakula berbentuk gelembung gepeng seperti cakram dan bertumpuk-tumpuk, dalam setiap lapis sakula dipisahkan oleh celah sempit. Permukaan antar sakula yang berbentuk cakram ini tidak sama, ada yang berbentuk cembung dan ada yang berbentuk cekung. Tumpukan sakula yang bertempat di paling ujung baik yang berbentuk cekung dan cembung terdapat gelembung-gelembung yang sebagian dilepaskan menjadi butir-butir sekresi. Baca: Struktur Sel Hewan Dan Tumbuhan

2. Vesikel sekretoris yaitu gelembung-gelembung yang merupakan bagian dari sakula namun terdapat di bagian paling tepi

3. Mikrovesikel atau vesikel transfer yaitu gelembung-gelembung yang ukuranya sangat kecil dibanding vesikel sekretoris dan sakula. Ukuranya kurang lebih 40nm dan terus bergerak. Gelembung mikrovesikal ini berasal dari pelepasan retikulum endoplasma kasar yang telah kehilangan butiran kromosomnya. Mikrovesikal yang terus gergerak ini kemudian berkumpul dan bersatu dengan sakula.

Fungsi badan golgi

Unit utama badan golgi atau diktiosom atau golgi field adalah membran-membaran berukuran 6-8nm. Dalam satu badan golgi terdapat tumpukan 3-8 membran, kalau diamati lebih seksama tumpukan membran itu berbentuk seperti busur. Kantung membran-membran yang bertumpuk dalam badan golgi inilah yang bekerja sebagai pusat penerimaan, penyimpanan dan pengiriman enzim yang dihasilkan retikulum endoplasma (RE) berupa protein. Sebelum enzim-ensim yang terserap badan golgi itu dilepaskan ke vesikula sekretoris (proses ekskresi) terlebih dahulu terjadi kondensasi atau pemadatan enzim dalam tubuh badan golgi (sakula) setidaknya ada tiga enzim galaktosil transferase yang berkerja dalam proses sekresi ini. Enzim yang berada di dalam badan golgi ini berperan memperbaiki kerusakan pada protein membran yang terserap akibat perbedaan oligo sakarida. Setelah melaui vesikel sekretoris protein yang sudah diperbaiki ini akan keluar dari sel melewati membran sel dan melalui eksositosis.

Dari gambaran ini dapat disimpulkan alur fungsi dari badan golgi yaitu :

1. Berperan memperbaiki struktur membarn sel atau membran plasma

2. Aktif mengolah protein atau hasil sintesis dari retikulum endoplasma (RE)

3. Sebagai organel yang berperan langsung dalam transportasi metabolisme

4. Ketika terjadi kesalahan perakitan karbohidrat (failure) badan golgi bisa berperan sebagai perakit karbohidrat (memperbaiki kembali) khususnya akibat oligosakarida pada protein membran

5. Berfungsi sebagai organel yang berperan langsung dalam proses sintesis protein tertentu

6. Mensortir protein tertentu seperti pembentuk lipoprotein

7. Ikut serta dalam pembentukan lipoprotein baru bersama retikulum endoplasma (RE). Baca: Fungsi sel hewan dan sel tumbuhan
Rating: 4.5