http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 31 Oktober 2016

Cari Tahu Struktur Kloroplas dan Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan

Kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai struktur kloroplas dan juga fungsi kloroplas pada sel tumbuhan. Sebelum membahasnya secara lengkap, kita perlu tahu apa itu pengertian dari kloroplas. Kloroplas merupakan salah satu bentuk dari plastida, organel yang terbungkus dua lapis membran dan juga mengandung pigmen yang sebagian besarnya merupakan klorofil atau biasa kita sebut sebagai zat hijau daun. Tidak hanya itu saja, bahwa kloroplas di dalamnya terdapat pigmen-pigmen yang lainnya yang tergolong karotenoid. Karotenoid ialah karioten yang memberikan warna jingga dan juga xantofil untuk memberikan warna kuning. Bentuk dari kloroplas sendiri seperti cakram dengan memiliki diameter 5 sampai 10 um dan ketebalannya mencapai antara 2 sampai 4 um. Organel inilah dapat kita jumpai pada sel-sel fotosintesis tumbuhan dan juga pada beberapa ganggang.

Berikut Struktur Kloroplas dan Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan

Kloroplas sendiri berada pada sel-sel parenkim tumbuhan dan juga ganggang atau alga autotrofik. Meskipun mereka memiliki dimensi yang hampir mirip seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pada kloroplas ganggang memberikan variasi dalam ukuran dan juga bentuknya. Lalu, apa saja struktur yang ada di dalam kloroplas itu dan apa saja fungsi kloroplas pada sel tumbuhan? Ya, struktur kloroplas terdiri dari:

1. Membran kloroplas merupakan struktur membran ganda yang berada di membran luar dan membran dalam.

2. Stromata merupakan cairan yang ada dalam membran ganda.

3. Tilakoid merupakan sistem internal yang ketiga dalam kloroplas.

4. Grana merupakan terdiri dari beberapa tilakoid yang diatur dalam bentuk cakram yang mana ditumpuk antara yang satu dengan yang lainnya. Grana ini terhubung antara satu dengan yang lainnya melalui tilakoid intergrana atau juga bisa disebut dengan tilakoid stroma. Baca: fungsi dinding sel pada tumbuhan

5. Fotosistem merupakan berada dalam membran tilakoid yang mana unit struktural dan fungsional untuk dapat memanfaatkan energi matahari.

6. Peripheral Retikulum merupakan membran tubulus, yang berasal dari membran dalam membran tersebut.

Setelah membahas mengenai struktur kloroplas, selanjutnya akan dibahas mengenai fungsi kloroplas pada sel tumbuhan. Fungsinya antara lain yaitu:

a. Mmebran dari kloroplas berfungsi untuk mengatur keluar masuknya molekul dari si kloroplas. Membran luar dan juga dalam mempunyai spesialisasi protein antarmembran yang mana untuk mengangkut molekul besar keluar dan masuk dari kloroplas.

b. Kegiatan reaksi tergantung dari cahaya fotosintesis yang ada di grana dan fotosistem. Di bagian ini pigmen fotosintetik seperti klorofil a, b, karotenoid menyerap energi cahaya yang lalu digunakan untuk memecah molekul air dan menimbulkan ATP, NADPH2, dan juga oksigen.

c. Enzim yang ada di stroma memanfaatkan karbondioksida dari atmosfer, ATP dan molekul NADPH2 dilepaskan dari si grana untuk mensitesis molekul gula dan juga pati.

d. Reaksi yang terjadi pada proses fotorespirasi terjadi pada bagian stroma kloroplas.

e. Retikulum perifer kloroplas berfungsi beradaptasi untuk transportasi cepat metabolit dan juga protein dari ruang antarmembran menuju kloroplas.

Itulah seputaran penjelasan mengenai kloroplas, struktur kloroplas, dan juga fungsi kloroplas pada sel tumbuhan. Nah, setelah ini kita penting untuk mengetahui juga bahwa pada dasarnya fungsi utama dari kloroplas adalah untuk membantu tumbuhan melakukan fotosintesis. Memang benar bahwa kloroplas memberikan makanan untuk seluruh bagian tanaman ataupun juga ganggang. Nah, tanpa adanya kloroplas tentunya tumbuhan tidak bisa melakukan aktivitasnya untuk melakukan fotosintesis. Baca: Fungsi sel hewan dan sel tumbuhan
Rating: 4.5