http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 27 Oktober 2016

Belajar Struktur Dinding Sel dan Fungsi Dinding Sel pada Tumbuhan

Belajar struktur pada tumbuhan, hewan, dan juga manusia merupakan suatu hal yang menyenangkan. Nah, kali ini kita akan membahas seputar struktur dinding sel, fungsi dinding sel, khususnya fungsi dinding sel pada tumbuhan. Sebelum membahasnya secara lengkap, kita bahas terlebih dahulu mengenai dinding sel itu sendiri. Dinding sel terletak pada bagian luar dari membran sel. Dinding sel sendiri ialah suatu lapisan kaku dan juga kuat yang mana mengelilingi beberapa jenis sel.

Selain itu, dinding sel juga merupakan fitur atau karakteristik dari sel tanaman, jamur, bakteri, alga, dan juga beberapa archaea. Dinding sel memberikan perlindungan terhadap stres mekanik dan juga infeksi. Selain itu, dinding sel dengan plastisitas yang terbatas mencegah sel agar tidak pecah karena adanya tekanan turgor. Dinding sel sendiri dilapisi kutin yang dapat mencegah kehilangan air dan juga bisa membantuk dalam komunikasi sel-sel itu sendiri.

Inilah Struktur Dinding Sel dan Fungsi Dinding Sel pada Tumbuhan

Dinding sel tentunya merupakan karakteristik sel tanaman, jamur, bakteri, ganggang, dan juga beberapa archaea. Nah, untuk protozoa dan hewan lainnya juga ada yang tidak memiliki dinding sel. Nah, sebelum membahas mengenai fungsi dinding sel atau fungsi dinding sel pada tumbuhan, kita mulai dari pembahasan mengenai struktur dinding sel antara lain yaitu selulosa, hemiselulosa, glikoprotein, pektin, dan atau lignin. Komposisi dari dinding sel itu sendiri bervariasi pada setiap spesies yang ada. Di dalam dinding sel bakteri misalnya terdiri dari peptidoglikan. Di dalam jamur sendiri dinding selnya terbuat dari glukosamin dan juga kitin. Sedangkan di dalam alga terdiri dari glikoprotein dan juga polisakarida. Sedangkan untuk dinding sel Arkean terbuat dari polisakarida dan juga glikoprotein. Baca: Ciri-ciri Badan Golgi dan Fungsi Badan Golgi

Diketahui bahwa kehadiran dinding sel ialah perbedaan utama untuk sel tumbuhan dan sel hewan. Ternyata struktur dinding sel yang ada pada keduanya pun cukup berbeda. Fungsi dinding sel pada tumbuhan memiliki peran yang cukup penting seperti halnya menyediakan bentuk, kekuatan tarik, dan juga perlindungan yang membantu sel untuk mengalami tekanan turgor guna mempertahankan isi sel. Secara umum, dinding sel pada tanaman ini terdiri dari tiga lapisan utama seperti dinding sel primer, dinding sel sekunder, dan juga lamella tengah. Maksud dari lamella tengah ini adalah lapisan pertama yang terbentuk selama proses pembelahan sel. Lapisan ini pun kaya akan pektin. Untuk lebih jelasnya mari simak fungsi dinding sel yakni:

1) Memberikan struktur dan bentuk sel secara pasti

2) Memberikan dukungan struktural

3) Mencegah kehilangan air

4) Memberikan perlindungan mekanik dari serangga dan patogen

5) Membantu difusi gas masuk dan keluar dari sel

Selain kelima fungsi dinding sel yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada beberapa fungsi dinding sel pada tumbuhan lainnya seperti membantu proses regulasi osmotik, memberikan perlindungan terhadap infeksi dan stres mekanik, memungkinkan terjadinya transportasi zat dan juga informasi dari dalam sel ke eksterior, serta sebagai kegiatan fisiologis dan biokimia di mana dinding sel ini dapat membantu dalam komunikasi antar sel. Di dalam dinding sel atau struktur dinding sel tumbuh karbohidrat ialah selulosa, hemiselulosa, dan pektin. Ada pula lignin, protein, dan enzim. Dinding sel tumbuhan ini pun mengandung enzim seperti enzim hidrolase, enzim peroksidase, dan esterase. Ada pula yang mengandung protein struktural dan kristal silika. Baca: Fungsi sel hewan dan sel tumbuhan
Rating: 4.5